Puspiptek Innovation Festival 2018 Digelar untuk Tanamkan Kecintaan kepada Iptek

Tangerang Selatan, MINA – Pusat Penelitian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Puspiptek) kembali menggelar Puspiptek Innovation Festival (PIF) 2018.

Kegiatan tersebut dilangsungkan di Kawasan Puspiptek, Setu, Tangerang Selatan, pada tanggal 27 – 30 September 2018.

Acara tersebut merupakan ajang  memperkenalkan teknologi, menanamkan dan membudayakan kecintaan terhadap iptek serta inovasi di masyarakat.

Sekretaris Jenderal Kemenristekdikti Ainun Na’im mengatakan bahwa Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) terus mendorong agar komunitas sains dan teknologi lebih dekat kepada masyarakat sebagai pengguna akhir dari produk sains dan teknologi itu sendiri.

“Komunitas sains dan teknologi, baik peneliti maupun yang lain tidak boleh menjadi komunitas eksklusif yang hanya berinteraksi satu sama lain,” ujar Ainun Na’im saat membuka acara PIF 2018 di Graha Widya Bhakti, Puspiptek Serpong (27/9).

Baca Juga:  Menlu, DPR Bahas RUU Pertahanan dan Kerja Sama dengan Negara Lain

“Kemenristekdikti mendorong komunitas sains dan teknologi semakin dekat dengan berbagai komunitas, baik komunitas industri, UKM, generasi muda, dan masyarakat pada umumnya,” tambahnya.

Kepala Puspiptek Sri Setiawati menjelaskan, PIF 2018 ini mengusung tema ‘Innovation For All’ yang fokus terhadap pengembangan inovasi inklusi dan social entrepreneurship.

“Sesuai dengan temanya yaitu Innovation For All, adanya PIF 2018 diharapkan bisa membuktikan bahwa inovasi merupakan solusi atau aksi penyelesaian masalah, dimana hasilnya bisa dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat,” kata Sri.

PIF 2018 terselenggara atas kerjasama Puspiptek  merupakan bagian dari Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia dengan Pemerintah Kota Tangerang Selatan, serta melibatkan sejumlah organisasi/institusi lain seperti United Nations Economic and Social Commission for Asia and the Pacific (UN-ESCAP), ASEAN-INDIA, Bitread, dan Good News From Indonesia (GNFI). (R/hnh/RI-1)

Baca Juga:  Imaam Yakhsyallah: Pembebasan Masjid Al-Aqsa, Jalan Persatuan Umat

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Rudi Hendrik