Qatar Juara, Kalahkan Jepang 3-1

Abu Dhabi, MINA – Qatar berjaya menjadi Juara Piala Asia 2019 setelah mengalahkan Jepang 3-1 dalam babak final  di stadion Muhammed bin Zayed, Abu Dhabi Uni Emirat Arab (UEA), Jumat malam (1/12).

“Kuda hitam” Qatar berhasil memenangkan turnamen mengalahkan favorit juara Jepang, disertai  dengan rekor yang luar biasa. Hanya kebobolan satu gol selama turnamen saat final ; strikernya,  Almoez Ali,  menjadi pencetak gol terbanyak dengan sembilan gol ;  mencetak 18 gol selama kejuaraan ini.

“Saya tidak punya kata-kata,” kata pelatih Qatar, Felix Sanchez Bas setelah pertandingan. “Kami memiliki tim yang luar biasa dan banyak bekerja,” demikan The New Arab melaporkan yang di kutip MINA.

Sanches mengatakan, timnas Qatar yang dijuluki Al-Annabi (merah marun) berhasil mengalahkan Jepang, yang sebelumnya telah memenangkan kejuaraan kontinental empat kali. “Pertandingan menegangkan yang melihat beberapa gol luar biasa,” tuturnya.

Qatar sudah bertahun membangun persepakbolaannya bekerjasama dengan Real Madrid dan Federasi Sepakbola Spanyol,  dan akan menjadi tuan rumah Piala Dunia tahun 2022 nanti.

Baru 12 menit pertandingan berlangsung, tercipta gol Qatar yang pertama melalui tendangan salto Ali Almoez  salto yang luar biasa. Kiper Jepang Yuto Nagatomo tak kuasa menahan tendangan itu.,

Qatar terus mendominasi. Selang 15 menit tercipta gol kedua, tembakan melengkung dari Abdulaziz Hatem, pada menit ke-27, membuat  Jepang, favorit juara, makin terpuruk.

Tetapi babak kedua tim Samurai Biru melihat Jepang bermain dengan tekad baru. Berhasil mengakhiri clean sheet Qatar, tak pernah kebobolan  di turnamen ini, pada menit ke-69 dengan gol dari Takumi Minamino. Pertandingan tambah menegangkan.

Qatar mendapat tendangan pinalti akibat pelanggaran pemain Jepang. Pinalti yang diambil oleh Akram Afif di menit ke 83 membobol gawang Jepang, mengakhiri impian Jepang untuk gelar kelima kalinya.

Kejuaraan Asia 2019 dimenangkan Qatar dan menyaksikan tumbangnya negara-negara yang selama ini dikenal sebagai negara kuat dalam persepakbolaan dunia seperti Korea Selatan terakhir Juara Asian Games, Australia Juara Bertahan Piala Asia, demikian pula Iran, Mesir, Arab Saudi,

Trofi Juara Piala Asia 2019 diserahkan kepada tim pemenang Qatar oleh Presiden FIFA Gianni Infantino.

Kiper Saad El Sheeb mendapatkan 10.000 dolar AS untuk penghargaan sebagai penjaga gawang  terbaik dalam turnamen Piala Asia 2019, sementara Ali Almoez menerima penghargaan sebagai pencetak gol terbanyak  sebanyak sembilan gol dengan hadiah sebesar 10.000 dolar AS untuk sembilan gol yang memecahkan rekor di turnamen dan menerima cek sebesar 30.000 dolar AS untuk pemain paling berharga.

Tidak ada seorang pun pejabat senior UEA tuan rumah yang hadir untuk menyerahkan medali kepada tim sepak bola Qatar yang menang dalam upacara penutupan Piala Asia 2019. (T/Gun/P1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)