Qatar Tekankan Pentingnya Sistem Perdagangan Multilateral

Doha, MINA – menekankan pentingnya membangun sistem perdagangan multilateral, terbuka, adil dan non-diskriminatif, yang berkontribusi untuk mencapai pembangunan berkelanjutan.

Nayef Majid Al-Qahtani, anggota delegasi Qatar yang berpartisipasi dalam Majelis Umum PBB ke-74, mengatakan hal itu, seperti disebutkan Peninsula Qatar, Sabtu (12/10).

“Hal ini untuk mengatasi tantangan yang ada, terutama di negara-negara berkembang,” ujar Al-Qahtani.

Menurutnya, sistem perdagangan multilateral memainkan peran utama dan penting dalam upaya internasional untuk mencapai Agenda Qatar 2030 untuk Pembangunan Berkelanjutan.

Ia mengakui peran perdagangan internasional sebagai mesin untuk pertumbuhan ekonomi inklusif dan pengurangan kemiskinan.

“Ini menyerukan komunitas internasional untuk merevitalisasi kemitraan global dalam perdagangan,” lanjutnya.

Al-Qahtani juga mengumumkan dukungan Qatar untuk pernyataan yang dibuat oleh perwakilan Palestina atas nama Kelompok 77 dan Cina.

Ia juga memuji peran penting yang dimainkan oleh Konferensi PBB tentang Perdagangan dan Pembangunan (UNCTAD) , di mana Qatar menjadi tuan rumah edisi ke-13 pada tahun 2012, dan kontribusinya yang berharga dalam mengatasi masalah perdagangan dan pembangunan.

Al-Qahtani menunjukkan bahwa keterlibatan Qatar dalam upaya kemitraan dengan komunitas internasional bukanlah hal baru. Ia menjelaskan bahwa tahun 2008 Doha menjadi tuan rumah pada Konferensi Tindak Lanjut Internasional tentang Pendanaan untuk Pembangunan.

Pada KTT Aksi Iklim bulan lalu, Qatar telah memberikan kontribusi AS$ 100 juta untuk mendukung negara-negara berkembang  menghadapi perubahan iklim. (T/RS2/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)