QURBAN 40 EKOR SAPI DI TOLIKARA

(Foto: MUI)
(Foto: MUI)

Jakarta, 9 Dzulhijjah 1436/23 September 2015 (MINA) –  Sebanyak 40 sapi akan disalurkan kepada warga yang ada di , Papua,  dalam rangka  1436 H, Kamis 24/9, kata anggota Badan Mal Hidayatullah (BMH), Zainal.

Jumlah puluhan sapi  tersebut menujukkan peningkatan yang sangat signifikan dari tahun-tahun sebelumnya.

“Peningkatannya sangan signifikan, karena sebelumnya hanya empat sapi sementara tahun ini berjumlah 40 ekor sapi,” katanya Zainal kepada Mi’raj Islamic News Agency (MINA), Kamis sore.

Nama Tolikara di Pegunungan Jaya Wijaya mencuat pada Idul Fitri yang lalu karena terjadi insiden penyerbuan dan terbakarnya pasar di Tolikara,  saat ummat Islam sedang menunaikan sholat Idul Fitri.

Kehidupan di sana dilaporkan cepat berangsur pulih, masjid dibangun kembali, pasar dibangun kembali, rakyat sudah pada kembali dari pengungsian. Perhatian dan bantuan terutama dari kalangan ummat Islam segera mengalir ke sana.

Sementara itu Zainal dari  BMH, organisasi  yang juga ikut membantu menyalurkan hewan qurban mengatakan, hewan qurban selain berasal dari warga sekitar Tolikara juga dari gubernur, bupati, lembaga swadaya masyarakat dan lain-lain.

“Dari pemerintah menyalurkan enam ekor sapi, alhamdulillah,” ujarnya. Juga ada sumbangan lima ekor sapi dari persatuan gereja GIDI, tambahnya.

Khatib sholat Idul Adha adalah Fadhlan Garamatan, sementara Imam shalat adalah ustadz Syaikh Ali Jabir, lokasi di lapangan Koramil,  Karubaga, diperkirakan akan diikti oleh sekitar 1500-an jamaah.

Saat ditanya tentang keamanan saat melaksanakan shalat, Zainal menjelaskan, pihak keamanan setempat menjamin tidak akan terjadi peristiwa pada saat Idul Adha terulang kembali.

“Bahkan selain pihak keamanan, 20 orang pemuda akan ikut berpartisipasi menjaga keamanan selama shalat berlangsung,” tambahnya.(L/Poo4/P2)

 

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Comments: 0