RAKYAT SWEDIA KECAM PEMBAKARAN MASJID

Masyarakat Swedia
Masyarakat Swedia kecam pembakaran masjid. (Foto: IINA)
Masyarakat kecam . (Foto: IINA)

Stockholm, 7 Rabiul Awwal 1436/29 Desember 2014 (MINA) –  Ratusan warga Swedia turun ke jalan untuk mengecam pembakaran terhadap sebuah masjid yang mengakibatkan lima orang terluka.

Sebuah bom dilemparkan melalui jendela tertutup masjid di pusat kota Eskilstuna pada Kamis (24/12) lalu, ketika 70 jamaah sedang berada di dalam masjid. Setidaknya ada lima korban luka, dua korban luka telah dirawat di rumah sakit pada Jumat.

Setelah peristiwa pembakaran itu, sekelompok orang berkumpul di masjid yang rusak untuk menunjukkan dukungan mereka, sebagaimana International Islamic News Agency (IINA) melaporkan dan dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

Pemerintah melakukan penyelidikan terhadap insiden itu, tetapi pihak berwenang sampai sekarang belum mampu menangkap tersangka pembakaran.

Seorang juru bicara polisi Swedia mengatakan, badan intelijen Swedia akan mengambil bagian dalam penyelidikan insiden ini.

Dalam pemilu September lalu, partai ekstrim sayap kanan anti-imigrasi Swedia menjadi partai terbesar ketiga di parlemen dengan memenangkan 12,9 persen suara.

Menurut jajak pendapat pemilu baru-baru ini untuk stasiun radio SR, dukungan pada partai tersebut telah meningkat pada September, menjadi 13,9 persen, dan survei lain yang menunjukkan dukungan hampir 16 persen.

Jajak pendapat terbaru yang diterbitkan oleh SR Radio menunjukkan, tingkat ketakutan telah meningkat selama beberapa tahun terakhir.

Kepala Asosiasi Muslim Swedia, Omar Mustafa menyayangkan munculnya permusuhan terhadap orang asing dan Muslim tanpa alasan yang benar. (T/P011/R11)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Rendi Setiawan

Editor:

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0