Ramadhan dan Idul Fitri di Xinjiang Menegangkan dengan Masjid-Masjid Hancur

Xinijiang, MINA – Ramadhan bagi Muslim di Xinjiang, wilayah Cina yang bergolak, berlangsung menegangkan dengan sejumlah masjid yang telah dihancurkan, termasuk perayaan Idul Fitri dalam pengawasan yang ketat oleh polisi.

Di sudut tempat Masjid Heyitkah berdiri di Xinjiang sekarang menjadi tempat parkir beton, tempat gedung tinggi berkubah yang telah dihancurkan.

Ketika umat Muslim merayakan akhir Ramadhan, penghancuran puluhan masjid baru-baru ini di Xinjiang menyoroti meningkatnya tekanan yang dihadapi warga dan etnis minoritas lainnya di wilayah yang dijaga ketat itu.

Di belakang kapling di kota Hotan, slogan “Mendidik orang-orang untuk berpesta” terpampang dalam warna merah di dinding sekolah dasar tempat siswa harus memindai wajah mereka ketika memasuki gerbang berkawat.

Masjid itu “indah,” kenang seorang pedagang di pasar terdekat. “Ada banyak orang di sana,” ujarnya seperti dilansir The Straits Times, Rabu (5/6).

Gambar satelit yang diungkap lembaga nonprofit Earthrise Alliance menunjukkan, 36 masjid dan situs keagamaan telah diruntuhkan, kubah dan menara masjid diturunkan sejak 2017.

Di masjid-masjid yang terbuka, jamaah harus melalui detektor logam, sementara kamera pengawas memantau mereka di dalam.

“Situasi di sini sangat ketat, ini membuat hati saya hancur,” kata seorang warga Uighur, yang meminta tidak disebutkan namanya karena takut akan berhadapan dengan aparat. “Saya tidak pergi lagi ke sana,” tambahnya, merujuk pada masjid. “Saya takut.”

Di kota Jalur Sutra kuno, Kashgar, azan tidak lagi menggema di seluruh kota.

Pada Rabu (5 Juni), warga yang merayakan Idul Fitri diam-diam masuk ke pintu masuk Masjid Idkah yang disetujui negara – salah satu yang terbesar di Cina.

Polisi dan pejabat memantau di sekitar gedung dan aparat berpakaian preman memantau setiap tindakan warga. (T/R11/RI-1)

Mi’raj News Agency (MINA)

 

Wartawan: Syauqi S

Editor: Rudi Hendrik

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments are closed.