Rayakan Hari Bangkit, PII Gelar Aksi Bintang Pelajar

Bandar Lampung, 19 Rajab 1438/15 April 2017 (MINA) – Dalam menyemarakkan Hari Bangkit Pelajar Islam (PII) yang ke-70, Lampung menggelar Aksi Bintang Pelajar (ABP), Sabtu, (15/4).

Acara ini diikuti oleh puluhan peserta dari berbagai daerah se-Lampung seperti, Tanggamus, Metro, Bandar Lampung dan Lampung Tengah.

Acara bertajuk Eksistensi Pelajar Muslim dalam Membentuk Paradigma Islam di Masyarakat ini diselenggarakan di Yayasan Baitul Jannah, Kemiling, Bandar Lampung.

Selain menyemarakkan hari bangkit PII, acara ini juga bertujuan untuk menjalin silaturahim antar pelajar SMA se-Lampung, mengasah kemampuan dan kreatifitas para pelajar dalam bentuk kompetisi, serta menumbuhkan semangat juang para pelajar.

Ketua Pelaksana, Wangga Prawira, mengatakan, acara ini akan menjadi acara rutin PII yang akan diadakan setiap tahun.

Baca Juga:  Pemerintah Evakuasi Sembilan Ribu Warga Terdampak Erupsi Gunungapi Ruang

“InsyaAllah bisa menjadi agenda tahunan. Tempatnya berpindah-pindah, menyesuaikan,” ujarnya sebagaimana laporan Wartawan Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

Ia berharap, acara ini dapat menjadi sebuah ajang kompetisi yang banyak diminati para pelajar.

“Harapannya, acara ini bisa diikuti oleh banyak peserta dan menjadi agenda tahunan,” katanya.

ada beberapa cabang lomba yang diadakan PII, seperti Nasyid, Scrabble, Story Telling, Lomba Cepat Tepat, Poster, Mading 3D, dan Tahfidz.

Pelajar Islam Indonesia (PII) merupakan organisasi pelajar Islam yang didirikan sejak tahun 1947, tepatnya pada tanggal 4 Mei 1947.

Salah satu faktor pendorong terbentuknya PII adalah adanya dualisme sistem pendidikan di kalangan umat Islam Indonesia yang merupakan warisan kolonialisme Belanda yakni pondok pesantren dan sekolah umum.

Baca Juga:  Takluk dari Irak 2-1, Indonesia Gagal Rebut Juara 3 Piala Asia U-23 di Qatar

Kedua sistem pendidikan tersebut dinilai memiliki orientasi yang berbeda, sehingga PII lahir sebagai wadah untuk menjembatani aspirasi diantara kedua belah pihak.

PII ini sudah memiliki cabang di seluruh provinsi yang ada di Indonesia, salah satunya di Lampung. Di Lampung sendiri PII sudah ada sejak awal PII terbentuk.(L/ism/B01/P2).

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: hadist

Editor: Widi Kusnadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.