RUHADI WIDIARGO: WISATA SYARIAH SARANA BERLIBUR DAN GAYA HIDUP

Ruhadi Widiargo (Foto: Sofyanhospitality.com)
(Foto: Sofyanhospitality.com)

Bogor, 10 Sya’ban 1436/28 Mei 2015 (MINA) – Pariwasata syariah yang berkembang pesat di Indonesia mulai digunakan oleh warga bukan hanya untuk berlibur atau untuk aktivitas lainnya. Tetapi juga sudah mulai menjadi gaya hidup halal.

Ruhadi Widiargo, Presiden Direktur , mengatakan, di samping wisata syariah sangat mudah di lakukan di Indonesia, juga karena memang penduduk Indonesia mayoritas Islam.

“Hanya saja kurang adanya sertifikasi halal dari MUI, karena beranggapan semua yang ada di Indonesia halal,” ujar Ruhadi kepada Mi’raj Islamic News Agency (MINA) di Bogor, Rabu (27/5).

Ia juga mengemukakan, bahwa di Indonesia pun sudah menyediakan fasilitas yang dibutuhkan dalam perkembangan itu sendiri. Hotel syariah juga meniadakan tempat-tempat yang tidak sewajarnya berada dalam hotel syariah, mengikuti  kaidah syar’iyah, katanya.

Ia menambahkan bahwa peluang hotel syariah terhadap asing masih sangat besar. Ini karena wisatawan asing sendiri lebih menikmati tinggal hotel syariah sebagai tempat peristrirahatan yang tenang dan nyaman.

“Wisatawan asing memperoleh kebebasan untuk pergi mencari hiburan tersendiri di luar hotel, setelah pulang ke hotel mereka tinggal menikmati tempat istirahat,” paparnya.

Menurutnya, perkembangan hotel syariah di Indonesia berkembang sangat pesat, ditopang Peraturan Menteri yang mendukung pariwisata syariah. Hal ini tentu lebih memacu hotel syariah berkembang lebih pesat lagi.

“Apalagi nanti kalau muncul sertifikasi untuk hotel syariah, maka akan lebih mudah dan lebih cepat”, tambahnya.

Menurutnya juga, kualitas hotel syariah tidak boleh menurun, harus tetap terdepan, khususnya dalam penyediaan menu makanan yang enak, sehat, dan halalan thayiban.

Masalah makanan adalah salah satu tantangan, karena hotel syari’ah harus bisa memberikan makanan halal yang berkualitas agar tidak kalah bersaing dengan makanan selain halal.

“Kita sebagai bangsa Indonesia yang mayoritas Muslim harus bisa menjadi leader, karena sejatinya semua telah mendukung perkembangan pariwisata syariah, hanya tinggal memajukan saja,” paparnya.

Ia berharap warga Muslim Indonesia bisa memanfaatkan potensi pariwisata syariah dengan sebaik-baiknya demi memajukan Muslim Indonesia menjadi yang lebih baik lagi. (L/nrz/P7)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0