Rumah Zakat Duduki Peringkat Pertama pada Survey IOB

Bandung, 19 Syawwal 1438/13 Juli 2017 (MINA) – dalam kiprahnya selama 19 tahun di dunia pengelolaan zakat, infak dan sedekah serta lembaga filantropi internasional, kembali meraih peringkat pertama dalam hasil survey Indonesia Original Brands (IOB) 2017.

CEO Rumah Zakat, Nur Efendi mengatakan, pada 2017 Rumah Zakat bertransformasi menjadi entrepenerial institution dalam rangka meningkatkan kepuasan serta loyalitas donatur dan penerima dana zakat.

“Transformasi ini adalah penggabungan proses transformasi rebranding dan mindset, dimana salah satu outputnya memberikan layanan lebih kepada publik baik itu muzzaki, penerima manfaat, serta kepada amil Rumah Zakat,” ujar Efendi dalam keterangan pers yang diterima Mi’raj Islamic News Agency (MINA), Kamis (13/7).

Pada 2017, Rumah Zakat juga membenahi 22 titik sentuh (touch point management) yang bersentuhan langsung dengan publik mulai dari pra interaksi, konsultasi zakat, doa hingga penyampaian laporan.

Inovasi yang dilakukan Rumah zakat, misalnya melalui platform crowdfunding sharinghappiness.org yang merupakan media kolaborasi antara Rumah Zakat dan masyarakat.

Melalui website sharinghappiness.org, masyarakat dapat menuangkan ide sekaligus menyalurkan bantuan untuk berbagai kategori program seperti bantuan kepada anak yatim-piatu dan dhuafa, pembangunan infrastruktur atau program kemanusiaan seperti aksi peduli bencana.

Pada Ramadhan 2017, Rumah Zakat juga meluncurkan program Ramadhan Happy Energy yang bertujuan untuk memberikan energi kebahagiaan di Indonesia dan seluruh dunia.

“Rumah Zakat bersama mitra menyalurkan paket bantuan kepada masyarakat yang membutuhkan di Desa Berdaya binaan Rumah Zakat, serta menyumbang ke Suriah dan Palestina. Program Ramadhan ini diantaranya Berbagi Buka Puasa, Kado Lebaran Yatim, Bingkisan Lebaran Keluarga dan Syiar Quran,” ungkap Efendi.

Desa Berdaya adalah salah satu program unggulan Rumah Zakat yang mengoptimalkan dana zakat, infak dan sedekah, serta dana kemanusiaan dari para donatur untuk membangun desa melalui program pendidikan, ekonomi, kesehatan dan lingkungan.

Rumah Zakat giat menghimpun donatur melalui kanal digital. “Strategi kami adalah mengoptimalkan teknologi digital sebagai sarana utama untuk menggaet donatur baru dan melayani donatur yang eksisting, serta berkolaborasi dengan pihak lain,” tambah Efendi. (L/R05/RS2)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.