RUMAH ZAKAT SIAPKAN DAGING QURBAN KORNET

Kornet Daging Qurban (Foto: Dakwatuna)
Kornet Daging Qurban (Foto: Dakwatuna)

Jakarta, 24 Dzul Qadah 1436/9 September 2015 (MINA) – Sebuah Lembaga Swadaya Masyarakat yang memfokuskan pada pengelolaan zakat yaitu () sedang menyiapkan daging qurban dalam bentuk kornet (diawetkan dalam kaleng).

“Langkah ini kami lakukan sebagai optimalisasi daging Qurban, bahkan kornet yang kita hasilkan ini selain sudah siap dimakan juga bisa tahan sampai tiga tahun,” kata Nur Efendi CE0 Rumah Zakat saat press conference kerjasama shopping charity dan di Ratu Plaza, Jakarta, Selasa (8/9) sore.

Nur Efendi mengatakan, dengan konsep daging Qurban kornet membuat distibusi lebih lama dan menyentuh wilayah yang lebih luas hingga mancanegara.

“Untuk pusat pabrik kornet ada di Probolinggo, Jawa Timur. Begitu juga dengan pemotongan dan peternakan kambing dan sapi itu sendiri,” kata Nur Efendi.

Ia mengungkapkan, metode yang dilakukan untuk mengrekrut pegawai ke masyarakat sekitar adalah metode pemberdayaan. Bukan metode bisnis, sehingg langkah ini dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar.

“Masyakat miskin yang lebih kita utamakan untuk bisa bekerjasama. Sehingga penghasilan yang mereka dapatkan juga bisa digunakan untuk membayar pendidikan anak-anaknya,” katanya.

Ia menambahkan, ketika mencapai puncak pemotongan bisa dilakukan oleh 1000 petugas pemotong hewan Qurban.

“Tahun lalu, hasil daging qurban yang dikornetkan mencapai 1 juta kaleng. Tahun 2015 ini, kami mentargetkan 1,5 juta kaleng,” imbuhnya.

Sebelumnya perusahaan ritel LOTTEMart menyediakan sarana pembayaran Qurban di tempat kasir LOTTEMart Hyermarket dan LOTTEMart Supermarket yang bekerjasama dengan Rumah Zakat.

Terdapat 13 store LOTTEMart dan 2 store LOTTEMart yang menyediakan sarana pembayaran Qurban tersebut pada tahun ini.

“Selain bekerjasama dalam pembayaran Qurba, kami dan Rumah Zakat juga bekerjasama dalam program shopping charity,” kata Senior Marketing LOTTEMart Yudi Ng .

Ia menambahkan, maksud dari program shopping charity adalah di mana pelanggan LOTTEMart dapat mendonasikan uang kembalinya di kasir untuk kemudian disalurkan dalam program pemberdayaan kerjasama LOTTEMart dan RZ.

“Adapun pembayaran Superqurban di kasir LOTTEMart dapat dilakukan pada 1-25 September 2015, dan dana yang masuk akan diserahkan langsung kepada RZ,” katanya. (L/P010/P4)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0