Satu Polisi Iran Tewas, Tiga Terluka

. (Foto: AP/Ebrahim Noroozi)

Teheran, MINA – Seorang polisi Iran ditembak mati saat pihak berwenang berusaha menindak keras kerusuhan di seluruh negeri, kata beberapa laporan, Senin (1/1).

Seorang polisi tewas dan tiga lainnya terluka akibat tembakan senapan berburu di kota Najafabad di Iran tengah, kata televisi pemerintah.

Sejumlah penangkapan dilakukan sebelum ibu kota Teheran kembali tenang. Demikian The New Arab memberitakannya yang dikutip MINA.

Media mengutip Ali Shamkhani, Sekretaris Dewan Keamanan Nasional Tertinggi Iran, menyalahkan kekerasan yang dipicu di media sosial.

“Hashtag dan pesan tentang situasi di Iran berasal dari Amerika Serikat, Inggris dan Arab Saudi,” katanya. “Apa yang terjadi di jaringan sosial mengenai situasi di negara ini adalah perang proxy melawan rakyat Iran.”

Kementerian Intelijen Iran mengeluarkan sebuah pernyataan yang mengatakan bahwa “perusuh dan penghasut” telah diidentifikasi dan akan segera ditangani dengan serius.

Malam yang paling mematikan adalah pada hari Ahad. Televisi pemerintah melaporkan enam orang yang terbunuh oleh tembakan di kota barat Tuyserkan dan dua orang ditembak mati di kota barat daya Izeh.

Dua lainnya tewas oleh demonstran pemadam kebakaran di kota barat Dorud.

Jumlah korban tewas yang terkait dengan demonstrasi saat ini mencapai 13 orang. (T/RI-1/RS3)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Bahron Ansori

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.