Saudi Umumkan Wuquf Arafah Sabtu 10 Agustus

Makkah, MINA – Mahkamah Agung Arab Saudi mengumumkan bahwa Jumat sebagai awal Dzulhijjah 1440, maka wuquf di Arafah akan jatuh pada hari Sabtu, 9 Dzulhijjah bertepatan dengan 10 Agustus.

Pusat Observatorium Universitas Majma’at Al-Falaki di Hawat Sudair telah mengumumkan terlihatnya hilal awal Dzulhijjah pada Kamis sore. Demikian laporan Al-Arabiya.

Dengan demikian, maka Hari Raya Idul Adha tahun ini akan jatuh pada Ahad, 11 Agustus.

“Hilal awal Dzulhijjah terlihat Kamis sore di Saudi menurut pengamatan observatorium Universitas Majma’at al-Hakami di Hawat Sudair,” kata akun resmi Universitas Al-Majmaa di akun Twitter.

Sebelumnya Mahkamah Agung Saudi telah mengumumkan warga di seluruh Kerajaan untuk mengamati awal bulan sabit Dzulhijjah pada Kamis sore waktu setempat.

Mahkamah juga meminta bagi mereka yang melihat bulan sabit dengan mata telanjang atau melalui teropong untuk memberi tahu pengadilan terdekat, mendaftarkan kesaksian mereka, atau menghubungi pusat terdekat untuk membantu mereka mencapai pengadilan terdekat.

Lembaga Penelitian Astronomi dan Geofisika Nasional di Kairo juga mengkonfirmasi bahwa perhitungan astronomi oleh para ilmuwan institut menunjukkan bahwa awal Dzulhijjah jatuh pada hari Jumat, 2 Agustus. (T/RS2/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Comments are closed.