Save the Children: Khan Yunis Kota Hantu dengan Anak-anak yang Hidup di Tengah Reruntuhan

Seorang anak di Gaza sedang bermain di atas reruntuhan gedung yang dirudal pesawat tempur Zionis Israel di Gaza. (Foto: MINA)

, MINA – Anak-anak hidup di tengah reruntuhan di jalan-jalan yang hancur total di Khan Yunis, kota terbesar kedua di Gaza, menurut staf yang kembali ke kota tersebut untuk pertama kalinya sejak perang dimulai lebih dari enam bulan lalu.

Sebelum 7 Oktober, kota di bagian selatan ini berpenduduk lebih dari 200.000 orang, termasuk sekitar 100.000 anak-anak. Middle East Monitor melaporkan.

Sekarang Khan Yunis “adalah kota hantu”, kata badan amal tersebut, dengan orang-orang yang kembali dalam jumlah kecil untuk melindungi sisa properti mereka atau mengambil barang-barang mereka sementara anak-anak berkeliaran di jalan mencari air dan persediaan lainnya. Media baru-baru ini melaporkan bahwa gambar satelit menunjukkan deretan tenda di sebelah barat Khan Yunis.

Baca Juga:  Pembelaan Mahasiswa Terhadap Palestina Menyebar ke Jepang

Setelah mengunjungi kota tersebut, Sacha Myers, Juru Bicara Save the Children, berkata: “Saya benar-benar merasa sakit secara fisik, reaksi tubuh saya saat melihat kebrutalan ini, atas pengabaian total terhadap kehidupan manusia.”

“Saya telah mengunjungi banyak zona perang dan bencana, namun saya belum pernah berada dalam situasi di mana sejauh mata memandang, setiap bangunan hanyalah puing-puing,” katanya.

“Dalam beberapa konflik, Anda akan melihat kehancuran, namun terdapat kesenjangan antara kerusakan dan bangunan yang masih berdiri. Di sini, Anda berputar 360 derajat, setiap bangunan rusak parah atau menjadi puing-puing di tanah. Dan bukan hanya satu atau dua jalan, tapi puluhan jalan. Itu ada dimana-mana,” ujar Myers.

Baca Juga:  Serangan Al-Qassam Tewaskan dan Lukai Sejumlah Tentara Israel di Kerem Shalom

Pemboman yang sedang berlangsung di Gaza telah menyebabkan lebih dari 17.000 anak menjadi yatim piatu, banyak di antaranya tidak mempunyai keluarga lagi. Myers berkata: “Saya juga terkejut dengan banyaknya anak yang sendirian. Anda berkendara melalui jalan yang terasa seperti jalan kosong dan kemudian tiba-tiba Anda melihat anak-anak memanjat keluar dari reruntuhan… Sungguh menakutkan dan mengerikan melihat begitu banyak anak sendirian, mengetahui betapa berbahayanya berada di dalam bangunan yang runtuh dan setengah runtuh.”

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: sri astuti

Editor: Widi Kusnadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.