Seleksi Nasional Peserta Didik Baru MAN IC, MAN PK, MAKN

Jakarta, MINA – Seleksi Nasional Peserta Didik Baru (SNPDB) Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia (MAN IC), Madrasah Aliyah Negeri Program Keagamaan (MAN PK) dan Madrasah Aliyah Kejuruan Negeri (MAKN) digelar 27 sampai 28 Februari 2021 secara daring.

“Kami antisipasi setiap potensi kerumunan. SNPDB akan digelar daring. Seleksi akan dilakukan berbasis komputer alias computer based test atau CBT,” kata Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah A Umar di Jakarta, demikian keterangan yang diterima MINA Jum’at (26/2).

Umar menjelaskan, SNPDB digelar serentak pada 23 MAN Insan Cendekia (IC), 10 MAN Program Keagamaan (PK), dan dua MA Kejuruan Negeri (MAKN). Data peserta mencatat total ada 17.422 pendaftar SNPDB tahun ini.

“Karena sistemnya online, maka para pendaftar bisa memilih lokasi tes. Mereka bisa mengerjakan dari rumah masing-masing atau lokasi lainnya yang ada jaringan internet. Mereka juga dapat mengikuti tes secara online dari madrasah asal atau MAN IC yang menjadi pilihan mendaftar,” ujar Umar.

“Khusus MAN PK, ada seleksi wawancara yang juga akan dilakukan secara online, terjadwal dari 26 Februari hingga 1 Maret 2021,” lanjutnya.

Selain itu peserta yang dinyatakan lulus SNPDB, harus melakukan daftar ulang pada 22-31 Maret 2021. Adapun jadwal masuk asrama pada 10 Juli 2021.

“Hasil SNPDB akan diumumkan pada 16 Maret 2021 melalui www.kemenag.go.id dan emadrasah.kemenag.go.id dan website masing-masing MAN IC, MAN PK, dan MAKN,” tegas Umar. (R/SH/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)