Semangat Pemuda untuk Perjuangan Pembebasan Al-Aqsa

Oleh : Urfa Kaida, Koordinator Fatayat Bandung Selatan, Aktivis Aqsa Working Group (AWG) Jawa Barat

Suasana perjuangan pembebasan Al-Aqsa dan kemerdekaan Palestina, begitu terasa pada saat mengikuti kegiatan Training For Trainers (TFT) Al-Quds dan Palestina di Aula SMA Alfa Centauri Bandung, Jawa Barat, 25-26 Desember 2021.

Materi-materi perjuangan yang disampaikan oleh para pemateri, Duta-Duta Al-Quds alumni Daurah Al-Quds Yaman dan Depok, menjadikannya sebuah kesempatan berharga bagi para aktivis dan pejuang Al-Aqsa, di kalangan generasi muda.

Nilai di balik training yang luar biasa ketika membincangkan Al-Quds menggugah Penulis untuk terus belajar dalam aspek kehidupan apapun, khususnya tentang Al-Aqsa, Al-Quds dan Palestina.

Banyak sekali rintangan perjuangan yang seolah-olah hendakmembuat kita terhenti sejenak untuk merehatkan perjuangan ini atau bahkan mencoba untuk tidak melanjutkannya.

Hingga sampai pada titik secara fisik merasa capek. Namun ternyata memang tahapan perjuangan itu harus dilalui.

Ternyata, di medan juang Al-Aqsa Haqquna masih banyak memerlukan generasi yang mau berjuang lebih maksimal. Apalagi jika mengingat penderitaan saudara-saudara di Palestina sana.

Inilah salah satu nilai terbesar usai mengikuti tempaan keilmuan Al-Aqsa, Al-Quds dan Palestina yang mendorong keras untuk kita para pemuda pemudi Islam berkontribusi untuk membela saudara-saudara kita yang tertindas di Palestina.

Sebuah atmosfir perjuangan yang melingkupi para peserta training para pejuang muda Al-Aqsa untuk memperkuat langkah dan menghilangkan rasa capek yang selama ini dirasakan. Bagian dari persiapan perjuangan, seperti Allah mengingatkan di dalam ayat:

وَأَعِدُّوا لَهُمْ مَا اسْتَطَعْتُمْ مِنْ قُوَّةٍ وَمِنْ رِبَاطِ الْخَيْلِ تُرْهِبُونَ بِهِ عَدُوَّ اللَّهِ وَعَدُوَّكُمْ وَآخَرِينَ مِنْ دُونِهِمْ لَا تَعْلَمُونَهُمُ اللَّهُ يَعْلَمُهُمْ ۚ وَمَا تُنْفِقُوا مِنْ شَيْءٍ فِي سَبِيلِ اللَّهِ يُوَفَّ إِلَيْكُمْ وَأَنْتُمْ لَا تُظْلَمُونَ

Artinya: “Dan siapkanlah untuk menghadapi mereka kekuatan apa saja yang kamu sanggupi dan dari kuda-kuda yang ditambat untuk berperang (yang dengan persiapan itu) kamu menggentarkan musuh Allah dan musuhmu dan orang orang selain mereka yang kamu tidak mengetahuinya; sedang Allah mengetahuinya. Apa saja yang kamu nafkahkan pada jalan Allah niscaya akan dibalasi dengan cukup kepadamu dan kamu tidak akan dianiaya (dirugikan).” (QS Al-Anfal/8: 60).

Lantas akankah kita ingin berhenti dalam perjuangan Al-Aqsa? Seberapa banyak pengorbanan kita dibandingkan dengan orang lain? Sudahkah pengorbanan kita seperti mereka yang sangat mati-matian dalam perjuangan? Lalu apa upaya kita, kontribusi kita, dalam Pembebasan Al-Quds?

Pada titik akhir pertanyaan besar, Al-Aqsa menjadi tanggung jawab siapa? Kita yakini jawabannya adalah tanggung jawab seluruh kaum Muslimin, termasuk kita.

Karena apa? Ya karena adanya Masjidil Aqsa di dalamnya, Ardul Muqaddasah (tempat yang disucikan), wilayah yang diberkahi, wilayah yang akan di bebaskan dan tempat yang dijadikan sumpah oleh Allah (QS Surat At-Tiin). Al-Aqsa Haqquna ! (A/Urf/RS2/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

 

=====
Ingin mendapatkan update berita pilihan dan info khusus terkait dengan Palestina dan Dunia Islam setiap hari dari Minanews.net. Yuks bergabung di Grup Telegram "Official Broadcast MINA", caranya klik link https://t.me/kbminaofficial, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.