Serangan Udara Turkiye Sasar 30 Target Teroris di Irak dan Suriah

Ankara, MINA – Turkiye melancarkan serangan udara terhadap hampir 30 target teroris di Irak utara dan Suriah Jumat (12/1). Hal itu dilakukan usai sembilan tentaranya tewas di sebuah pangkalan militer di Irak.

“Serangan udara itu dilakukan terhadap sasaran teroris di wilayah Metina, Hakurk, Gara dan Qandil,” kata Kementerian Pertahanan dalam keterangan tertulis, Sabtu (13/1).

Kemenhan Turkiye mengatakan, serangan itu menargetkan 29 lokasi termasuk gua, bunker, tempat berlindung dan instalasi minyak milik Partai Pekerja Kurdistan (PKK) dan Unit Perlindungan Rakyat (YPG), milisi Kurdi Suriah yang merupakan elemen sentral AS.

Selama 25 tahun, Ankara telah mengoperasikan beberapa lusin pos militer di wilayah tersebut. Terakhir dalam perang puluhan tahun melawan PKK, sebuah kelompok yang masuk daftar hitam oleh Turkiye dan banyak sekutu Baratnya sebagai organisasi teroris.

Presiden TurkiyeRecep Tayyip Erdogan dijadwalkan mengadakan pertemuan keamanan darurat pada Sabtu di Istanbul untuk membahas peningkatan serangan terhadap tentara di wilayah tersebut.

Sementara itu, Menteri Dalam Negeri Ali Yerlikaya di akun media sosial X mengatakan 113 orang ditangkap karena dicurigai memiliki hubungan dengan PKK dalam penggerebekan nasional pada Sabtu (R/R4/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: kurnia

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.