Sirkuit JIEC Siap Digunakan Balapan Mobil Listrik Formula E 2023

Sirkuit AGI Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC), Jakarta Utara.(Foto: Istimewa)

Jakarta, MINA – PT Jakarta Propertindo (Jakpro) selaku penyelenggara Jakarta memastikan sirkuit International E-Prix Circuit (JIEC), Jakarta Utara, sudah siap untuk pelaksanaan kejuaraan dunia balap Formula E ABB FIA musim ke-9 pada 3-4 Juni 2023.

Direktur Proyek Formula E Jakarta 2023 Ivan Permana menyampaikan, lintasan balapan JIEC dipastikan siap digunakan untuk pacu mobil bertenaga listrik generasi ketiga atau Gen3 yang baru diluncurkan pada musim ini.

“Pembangunan untuk ajang internasional mobil balap listrik kali kedua di Jakarta ini lebih cepat dari jadwal yang telah ditentukan,” katanya saat meninjau persiapan sirkuit bersama awak media di JIEC, jakarta Utara, Selasa (9/5).

Mesin balap listrik GEN3 mampu mencapai kecepatan tertinggi 200mph (322kph) dan 53kg lebih ringan dari model Gen2 dengan sasis lebih kecil yang dioptimalkan untuk balap jalanan.

Sementara Advisor Infrastruktur Formula E Jakarta Irawan Sucahyono menyampaikan penyelesaian perbaikan sirkuit di JIEC sudah rampung.

Dia menjelaskan, aspal Sirkuit Formula E dengan panjang lintasan 2,37 kilometer dengan telah rampung digunakan. Menurut Irawan, aspal pada sirkuit tersebut sempat dilakukan pembenahan, walaupun dengan skala kecil sesuai dengan kebutuhannya.

“Aspalnya (Sirkuit JIEC) sudah 100 persen siap. sementara untuk infrastruktur pendukungnya baru selesai 20 persen rencana selesai semua tanggal 26 Mei,” kata Irawan saat mendampingi awak media meninjau persiapan sirkuit di JIEC.

Dia mengungkapkan tribun penonton masih layak untuk digunakan dan hanya dilakukan pengecekan. Terlebih, alat-alat bangunan tribun penonton masih terbilang baru karena dipakai sejak pada Jakarta E-Prix 2022 lalu.

“Ini lagi dicek aja (tribun penonton). Sebetulnya masih bagus karena baru tahun lalu. Jadi, masih oke,” tuturnya.

Jakarta menjadi satu-satunya kota di Asia Tenggara yang menjadi tuan rumah Formula E. Jakarta E-Prix 2023 merupakan perhelatan kedua kalinya balapan mobil listrik tersebut di Indonesia.

Jakarta E-Prix 2023 akan menjadi double header di mana dalam dua hari tersebut akan berlangsung dua ronde pertarungan musim ini secara berturut-turut, yakni seri ke-10 dan ke-11.

Sebanyak 22 pembalap dari 11 tim akan bersaing di Kejuaraan Dunia Formula E ABB FIA. Tak hanya itu, musim ini merupakan debut dari dua ikon dunia motorsport, yaitu McLaren dan Maserati.(L/R1/P1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rana Setiawan

Editor: Rana Setiawan

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.