Siswa MAN IC Serpong Raih Perunggu Olimpiade Kimia Internasional di Jepang

Osaka, MINA – Negeri (MAN) Insan Cendekia Serpong Tangerang Selatan meraih medali perunggu di ajang Olimpiade Kimia Internasional (ICHO) 2021 yang diselenggarakan secara virtual dan berpusat di Osaka, Jepang.

Hanif Muhammad Zhafran mengikuti ajang tersebut yang berlangsung pada 25 Juli – 2 Agustus 2021.

Kepala MAN IC Serpong Abdul Basit mengatakan, Hanif meraih medali perunggu di Osaka setelah melalui tahapan yang sangat panjang. Menurutnya, olimpiade ini adalah even berjenjang dimulai dari tingkat madrasah, kabupaten/kota, provinsi, hingga nasional pada ajang Kompetisi Sains Nasional atau KSN 2020.

“Setelah meraih medali pada semua jenjang sampai level nasional, Hanif mengikuti seleksi kembali untuk mewakili Indonesia pada ICHO 2021,” terang Basit di Serpong, Selasa (3/8).

“Ada tiga tahapan seleksi yang harus dijalani Hanif untuk bisa mewakili Indonesia di level Internasional dan pada akhirnya meraih medali perunggu,” sambungnya.

Prestasi itu, kata Basit, menjadi kebanggaan MAN Insan Cendekia Serpong dan Kementerian Agama. Sebab, Hanif adalah satu-satunya siswa madrasah yang mendapatkan medali. Perhelatan olimpiade yang dilaksanakan secara virtual dari negara masing-masing juga menjadi tantangan tersendiri.

“Civitas akademika MAN Insan Cendekia Serpong sangat bangga atas capaian Hanif pada ICHO 2021 ini. Selamat dan sukses, semoga medali ini jadi spirit bagi kami untuk terus mempersembahkan yang terbaik bagi bangsa dan negara,” tandasnya. (R/R5/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.