Siswa Madrasah dari Batam Lolos Seleksi Pertukaran Pelajar ke AS

Batam, MINA – Adam Dzaki Mubarak, siswa kelas XI IPA MAN Insan Cendekia Kota Batam, dinyatakan lulus seleksi pertukaran pelajar ke Amerika Serikat (AS) pada program KL-YES Tahun 2021-2022.

Program tersebut diselenggarakan oleh Bina Antarbudaya, yaitu, organisasi nirlaba yang merupakan mitra AFS Intercultural Programs.

“Adam kini tinggal menunggu jadwal pemberangkatan yang masih terkendala penyebaran Covid-19 di seluruh dunia. Semoga, kemudahan dan keberkahan menyertai setiap langkah Adam ke depan,” ujar kepala MAN IC Batam Rudianto di Batam seperti dikutip dari website Kemenag RI, Ahad (25/4).

Untuk sampai terpilih, kata Rudianto, Adam telah melewati serangkaian proses seleksi yang cukup panjang dan ketat. Mulai dari seleksi berkas, seleksi daerah, seleksi nasional dan terakhir seleksi tingkat internasional.

Menurut Rudianto, lulusnya Adam pada program KL-YES ini bukanlah yang pertama bagi MAN IC Batam. Sebelumnya, ada Fachri Al-Hadid Indra tahun 2018-2019 dan Satria Wijaya tahun 2019-2020 ke Amerika Serikat. Kemudian pada tahun 2020-2021 tiga siswa MAN IC Batam lulus KL-YES ke Jepang yaitu Farhan Azura, Dion Karnegi, dan M. Zikril Hakim.

“Alhamdulillah, setiap tahunnya siswa kita ada yang lolos seleksi KL-YES. Kami segenap Keluarga Besar MAN IC Kota Batam ikut berbangga dan bersyukur atas kesempatan yang diraih ananda Adam yang bisa meneruskan estafet kakak kelasnya yang lebih dulu mengikuti program ini,” katanya.

“Semoga kesempatan emas ini dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk menimba ilmu dan pengalaman serta akses di Negeri Paman Sam yang sangat maju di bidang Sains dan Teknologi,” harapnya. (R/R5/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)