Siswa Madrasah IC Kendari Raih Juara Kedua Anugerah Kihajar 2018

Jakarta, MINA – Siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia (IC) Kota Kendari, Sulawesi Tenggara, Muh. Fahri Wijaya, berhasil meraih juara kedua Anugerah Kihajar (KIta HArus BelaJAR) Tingkat Nasional 2018, yang diadakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Fahri menceritakan, melalui dua tahap penjaringan secara online dirinya dan satu siswa wakil SMA 4 Kendari lolos seleksi tingkat nasional.

“Di tingkat nasional, setiap peserta mengikuti serangkaian tahapan penilaian, mulai dari penilaian kompetensi akademik, penilaian kompetensi presentasi, dan penilaian kepribadian,” jelas Fahri yang dikutip dari website Kementerian Agama RI.

Anugerah Kihajar  ini digelar oleh Kemendikbud di Jakarta, 9 Р13 Oktober 2018 untuk berbagai jenis anugerah.

Juara pertama jenis ini diraih siswa SMA Bina Mulia Kalimantan Barat, sSedangkan juara ketiga diraih oleh siswa SMAN 1 Bali.

Sebagai apresiasi, panitia memberikan uang pembinaan sebesar Rp 27 juta. “Saya sangat bersyukur, bahagia, dan bangga karena bisa mengharumkan Sultra, khususnya membawa nama baik MAN IC Kendari” ungkapnya usai menerim hadiah. Kegiatan ini ditutup oleh Sekjen Kemendikbud, Didik Suhardi.

Sebelumnya, Fahri juga berhasil meraih medali perunggu bidang Matematika Terintegrasi dalam ajang Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tingkat nasional di Bengkulu yang diadakan Kementerian Agama.

Kepala MAN IC Kendari Abdul Basit mengapresiasi keberhasilan Fahri Wijaya . “Prestasi ini menunjukan, Ananda Fahri mampu bersaing dengan siswa-siswa yang berasal dari sekolah ternama di pulau Jawa, Kalimatan, dan Sumatera,” ucapnya.

“Ini menjadi kebanggaan tersendiri bagi madrasah. Terlebih, MAN Insan Cendekia Kota Kendari adalah satu-satunya madrasah yang ikut di event ini,” pungkasnya. (R/Sj/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)