SMA Alfa Centauri Bandung Mewisuda 315 Lulusan

Bandung, MINA – SMA Alfa Centauri (Alcent) kembali melaksanakan kegiatan wisuda setiap akhir tahun ajaran. Tahun ini meluluskan 315 wisudawan, yang hadir di Graha Sanusi Universitas Padjajaran (Unpad) Bandung, Ahad (25/6).

Ketua Yayasan Taqwa, Cerdas, Kreatif, Ihsan Ibadurrahman, S.Pd.,M.HSc dalam sambutannya mengatakan, Allah tidak akan mengubah suatu kaum sampai kaum itu mengubahnya sendiri. “Apabila kalian bekerja keras insya-Allah, Allah akan memberikan sesuai dengan apa yang kalian usahakan,” ujar Ihsan.

“Saya ucapkan congratulations atas perjuangan kalian, walaupun saya setiap tahun memberikan sambutan dalam acara wisuda, tetapi tahun ini terasa spesial,  karena saya kembali menjadi siswa, merasakan seperti posisi kalian saat ini dan tahun ini saya lulus,” katanya.

Dia berharap, para wisudawan tetap memegang teguh dan terus mengamalkan tujuh karakter Alcent, yaitu Jujur dengan apa yang kita perbuat, Bersih, Mandiri agar tidak menyusahkan orang lain, Tangguh dalam berikhtiar ketika menghadapi rintangan ke depannya, Disiplin terutama waktu shalatnya, Sopan Santun, lalu gunakanlah kecerdasaan untuk hal yang bermanfaat.

Baca Juga:  Dakta Peduli Adakan Pelatihan Sembelih Hewan Kurban

Sementara itu, pengawas sekolah Lina Kristanelina, M.Pd, dalam sambutannya mengatakan, kesuksesan siswa SMA Alcent tidak lepas dari bimbingan guru-guru kalian.

“Gapailah cita-cita setinggi-tingginya, jangan pernah puas terhadap satu cita cita yang kalian gapai, gapailah cita cita yang lain. Salah satu cara menggapai cita-cita adalah dengan menghargai waktu. Lebih baik datang satu jam lebih awal, dari pada terlambat satu menit,” ujarnya.

Ia menyebutkan, di dalam Surat Al-Asr Allah mengingatkan orang-orang beriman agar tidak menyia-nyiakan waktu. “Menghargai waktu itu harus menjadi kebiasaan bagi diri kita, dengan menghargai waktu kita dapat mengetahui mana orang yang sukses atau tidak,” lanjutnya.

“Saya salut dengan SMA Alcent bahwa guru-gurunya membimbing para murid hingga detik detik terakhir sampai mereka bisa masuk ke perguruan tinggi yang mereka inginkan. Ini salah satu mengelola waktunya dengan baik, bisa kita lihat bahwa lulusan alcent menjadi yang terdepan untuk masuk keperguruan tinggi,” ujarnya.

Baca Juga:  Gunungapi Ibu Kembali Erupsi, Warga di Tujuh Desa Dievakuasi

Kepala Sekolah SMA Alcent Agus Rustandi,M.Si, dalam nasehatnya menekankan para alumni dan siswa agar tidak pernah takut gagal, terus semangat berjuang karena orang sukses pasti pernah merasakan ke gagalan, tetaplah berjuang.

“Kalian semua lulus 100 persen, kemudian yang sangat membanggakan adalah kalian lulus ke perguruan tinggi yang kalian inginkan dengan jumlah yang sangat mengagumkan, yang melalui jalur undangan berjumlah 36 orang dan yang melalui jalur tulis berjumlah 100 orang. Jumlah itu jauh di atas dari pada sekolah sekolah lain, itu semua digapai dengan kerja keras yang kalian lakukan,” lanjutnya.

Wisudawan Terbaik

Wisuda tahun ini SMA Alfa Centauri memberikan apresiasi kepada siswa terbaik untuk setiap kelasnya, dan juga ada siswa terbaik IPA dan IPS.

Sebanyak 12 siswa berprestasi untuk setiap kelasnya, dan 2 siswa terbaik dari IPA dan IPS yaitu, M. Malik Amzar Lubis sebagai Siswa terbaik IPA dan Hanif Rabbani sebagai Siswa terbaik IPS.

Baca Juga:  Ketua UAR: Terus Tingkatkan Kapasitas, Siap Siaga Hadapi Bencana

“Dua tahun lamanya kita melewati masa-masa sulit yaitu masa pandemic covid-19. Yaitu masa di mana kita dibatasi untuk berinteraksi, menambah relasi, memperluas wawasan, bahkan belajar harus menggunakan cara yang online. Setelah dua tahun lamanya tepatnya saat kita berada di bangku kelas 12 kita dapat merasakan aktifitas kembali normal yaitu dapat berinteraksi secara langsung, menikmati momen indah bersama teman-teman. Tentu hal yang paling penting dapat belajar kembali di dalam kelas,” ujar Hisyam Fadhil selaku ketua angkatan 18.

“Saya mewakili teman-teman Aethera meminta maaf kepada Bapak Ibu guru, serta karyawan SMA Alfa Centauri atas segala kesalahan, kekhilafan, kenakalan kami. Kami meminta doa karena kami akan melangkah ke jenjang yang lebih menantang dan penuh ujian agar kami selalu di mudahkan dalam segala urusan kami, dan diberikan kesuksesan bagi kami baik di dunia maupun di akhirat,” sambungnya.

Tahun ini SMA Alfa Centauri meluluskan sebanyak 315 siswanya, dengan 136 siswa yang sudah masuk perguruan tinggi favorit mereka. (L/amn/RS2/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Ali Farkhan Tsani

Editor: Ismet Rauf