SMA Alcent Bandung Bentuk Karakter Siswa Melalui Program Satu Ayat Atau Hadits

Bandung, MINA – (Alcent) Bandung membentuk karakter siswa melalui Program Satu Ayat Atau Hadits (SAAH).

Wakil Kepala , Siti Aminah,M.Pd. mengatakan, agenda ini merupakan program Kesiswaan Bidang Karakter.

“SAAH merupakan kajian ayat atau hadits yang berkaitan dengan akhlak atau karakter siswa yang disampaikan oleh guru sebelum memulai pembelajaran,” ujar Aminah kepada Kantor Berita MINA, Senin (10/1).

Hikmah dari ayat atau hadits yang dikaji dapat dikaitkan dengan materi yang akan diajarkan, sehingga makin mendekatkan siswa dengan pemilik ilmu yaitu Allah Subhanahu wa Ta’ala, lanjutnya.

Ia mengatakan, awalnya program ini dirasa cukup memberatkan guru, karena tidak semua guru merasa mampu untuk menjelaskan kandungan ayat Al-Quran ataupun Hadits Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam.

“Namun dengan bantuan panduan SAAH yang disusun oleh Tim Kesiswaan dan juga keterlibatan siswa, alhamdulillah program ini terus berjalan sebagai penguatan karakter secara berkelanjutan,” imbuhnya.

Ia menambahkan, ada tujuh karakter yang dibangun di SMA Alfa Centauri, yakni: Jujur, Bersih dan Rapi, Mandiri, Disiplin, Tangguh, Sopan Santun dan Bermanfaat.

SMA Alfa Centauri merupakan lembaga pendidikan yang didirikan oleh Sony Sugema (alm), memiliki misi membentuk peserta didik dan lingkungan civitas akademika yang bertaqwa, cerdas, dan kreatif.

Sony Sugema juga merupakan salah satu pendiri Kantor Berita MINA (Mi’raj News Agency) tahun 2012.

Lulusan SMA Alfa Centauri sejak 2006 telah memasuki PTN Favorit seperti : ITB, UI, UNPAD, UPI, IPB, UIN, dsb. (L/RS2/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)