Rohis SMA Alfa Centauri Bandung Motivasi Siswa Berprestasi

Bandung, MINA –  Kegiatan di Kerohanian Islam (Rohis) SMA Alfa Centauri (Alcen) banyak memberikan motivasi siswa untuk terus berprestasi di berbagai kegiatan.

“Banyak kegiatan Rohis yang justru memacu kami berprestasi, seperti mengaji, belajar bareng, studi banding dan mengikuti perlombaan di berbagai mata pelajaran,” ujar Adhistia Aprilisani, Koordinator Akhwat Rohis SMA Alcen yang mereka sebut sebagai Centaurian Moslem Atmosphere (CMA), ketika dihubungi Kantor Berita MINA, Rabu (9/9).

Siswi kelas XII IPA-9 itu menambahkan, berbagai kegiatan CMA yang menjadi ajang saling mengingatkan dalam kebaikan di antaranya Kajian Keputrian, mabit, rihlah, mentoring, Centaurian Muslimah Festival (CMF),  dan Two Days One Scene (TODS).

Ada juga kegiatan yang lebih menguatkan ukhuwah sesama anggotanya, seperti olah raga bersama, masak-masak, dan nonton bareng (nobar), lanjutnya.

Adhistia sendiri aktif di kegiatan rohis sekolahnya, terdorong ingin mencari ridha Allah, ingin mendapatkan banyak ilmu tentang Islam untuk dapat mengamalkannya dan belajar berdakwah atau saling mengingatkan.

“Kita teman-teman sama-sama sedang berjuang dalam berbuat kebaikan, selalu saling mengingatkan antara kita dan menasehati, juga menemani kita ketika kita sedang futur atau lemah iman,” imbuhnya.

Ia dan pengurus CMA berusaha mengatur kegiatan agar tidak menggangu belajar di kelas. Terlebih kegiatan Rohis kebanyakan dilaksanakan pada waktu luang atau di luar jam pelajaran.

Bahkan untuk mendukung proses pembelajaran, anggota Rohis mengadakan  Belajar Bareng CMA (BBC). “Alhamdulilah kebanyakan anggota CMA merupakan siswa yang berprestasi,” ujarnya.

Di antara prestasi yang pernah diraih oleh Rohis CMA antara lain Juara 2 Lomba MHQ, Juara 1 Lomba Nasyid se-Kota Bandung dan prestasi di bidang mata pelajaran lainnya.

Pesannya untuk sesame pelajar, “Saya berpesa kita sama-sama belajar dengan benar dan sungguh-sungguh, selagi masih muda, dan jangan pernah menyia-nyiakan waktu untuk melakukan hal-hal yang tidak berguna atau malah merusak.”

Perbanyak kegiatan-kegiatan baik yang dapat mendukung belajar dan menuntun kepada kesuksesan di dunia dan akhirat. Juga, terus berusaha untuk melakukan yang terbaik yang bisa dilakukan. “Tidak apa-apa walaupun kita tidak bisa menjadi yang terbaik, karena Allah melihat setiap usaha kita”, ujarnya.

“Tetaplah tersenyum, bersabar, dan ikhlas dalam menghadapi segala macam cobaan yang menghadang, karena di setiap kejadian yang menimpa itu tidak hanya datang, tetapi di baliknya itu selalu ada makna dan hikmah yang dapat dijadikan pelajaran untuk membentuk diri menjadi pribadi yang lebih baik lagi dari sebelumnya,” pesannya.

SMA Alfa Centauri beralamat di Jalan Diponegoro 48 Bandung, didirikan sejak tahun ajaran 2003/2004, berawal tanpa dipungut biaya, dengan syarat orangtua mereka berpenghasilan dibawah 1 juta rupiah per bulan dan lulus tes akademik. Seluruh biaya pendidikan ditanggung oleh Sony Sugema Group (LBB Sony Sugema College, STTIS, Q-College dan SSPress), sebagai sumbangsih SSGroup untuk dunia kependidikan.

Saat ini memberikan kesempatan kuota 20% atau sekitar 40 anak, untuk siswa kurang mampu setiap tahunnya.

Lulusan SMA Alfa Centauri sejak 2006 telah memasuki PTN Favorit seperti : UI, ITB, UNPAD, UGM, UPI, IPB dan sebagainya. (L/RS2/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)