SOHR: Pasukan Suriah Rebut Kembali Lima Desa dari HTS

London, MINA – Pasukan Pemerintah merebut kembali serangkaian desa yang dikuasai gerilyawan di barat laut Suriah pada Kamis (15/8), merangsek lebih dekat kepada kota kunci yang dikuasai milisi di wilayah Idlib.

Selama sepekan terakhir, para pejuang pro-pemerintah telah maju di tepi selatan provinsi Idlib, yang dikendalikan oleh milisi mantan afiliasi Al-Qaeda, (HTS).

Organisasi pemantau Observatorium Suriah untuk HAM () yang berbasis di Inggris mengatakan, pada Kamis, loyalis pemerintah berdiri hanya tiga kilometer (1,8 mil) dari kota utama Khan Sheikhun, setelah merebut lima desa ke arah barat laut.

Kota ini terletak di jalan raya utama yang diidamkan oleh pemerintah.

Jalan tersebut melalui Idlib, menghubungkan Damaskus dengan kota utara Aleppo, yang direbut kembali oleh pasukan plemerintah dari pemberontak pada Desember 2016.

“Tujuan dari kemajuan itu adalah untuk mengepung Khan Sheikhun dan mencapai jalan raya,” kata Ketua SOHR Rami Abdul Rahman kepada AFP.

SOHR mengatakan, pertempuran di Idlib selatan pada hari Kamis menewaskan lima pejuang pro-pemerintah dan 11 militan HTS dan sekutunya.

Sehari sebelumnya HTS menjatuhkan pesawat pasukan pemerintah di dekat Khan Sheikhun dan menahan pilotnya.

Konflik Suriah telah menewaskan lebih dari 370.000 orang dan membuat jutaan orang terlantar di dalam dan luar negeri sejak 2011. (T/RI-1/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)