Tadabbur Surah Al-Fatihah

Oleh Bahron Ansori, wartawan MINA

Surat Al-Fatihah termasuk dalam surah Makkiyyah. Para ulama ahli tafsir membagi ayat-ayat Al-Quran berdasarkan periode dan tempat turunnya. Surah-surah Al-Quran yang turun sebelum hijrah ketika dakwah Islam berpusat di Makkah dikenal dengan sebutan surah Makkiyah. Lalu, apa pengertian dan ciri-ciri surah Makkiyah dalam Al-Quran?

Surah Makkiyah adalah surah atau sebagian besar ayat dalam surah tersebut turun di periode Makkah, yakni sebelum umat Islam hijrah ke Madinah pada 622 masehi, seperti dikutip dari Ulumul Quran: Telaah Tekstualitas dan Kontekstualitas Al-Quran (2011) yang ditulis Ahmad Izzan.

Dalam tulisan singkat ini, hanya akan dibahas terkait surat Al-Fatihah, nama-nama surat Al-Fatihah, sebab penamaannya dan keutamaan-keutamaan surat Al-Fatihah.

Nama lain surat Al-Fatihah dan sebab penamaannya

Nama-nama dari surat Al-Fatihah ini setidaknya ada dua puluh nama sebagaimana yang disebutkan oleh Imam As Suyuti di dalam kitabnya Al-Itqan. Dalam tulisan ini hanya akan disebutkan sebagian namanya saja, yaitu: Al-Fatihah, Ummul Kitab, Al Hamd, As Sabโ€™u Al Matsani, Al-Kafiyah dan Asy-Syafiyah.

Pertama, dinamakan AlFatihah karena Al-Qurโ€™an dimulai dengan surat ini. Al-Fatihah artinya pembuka. Surah Al-Fatihah disebut demikian karena surah inilah yang membuka Al-Quran Al-Karim. Ada pula yang mengatakan bahwa surah inilah yang turun pertama kali secara utuh. (Tafsir Al-Qurโ€™an Al-Karim Juz โ€˜Amma, hlm. 7)

Kedua, dinamakan Ummul Kitab, karena ia mengandung seluruh maksud dan tujuan dari agama ini. Jika mau dikupas satu demi satu ayat-ayat dalam surat Al-Fatihah ini, maka semua kandungan dalam surat Al-Qurโ€™an tersimpul dalam surat-surat dalam Al-Fatihah.

Ketiga, dinamakan Al Hamd, karena surat ini dimulai dengan kata โ€œAlhamduโ€. Surat ini diawali dengan kata Alhamdu yang artinya memberikan pujian untuk Allah sebagai satu-satunya Rabb semesta alam. Tidak ada satu pun makhluk di muka bumi ini yang layak dipuji melebihi pemberian pujian kepada Allah Taโ€™ala.

Keempat, dinamakan juga As Sabโ€™u Al Matsani, karena Allah sendirilah yang menamakannya dengan nama tersebut. Sebagaimana yang tertera di dalam firman-Nya,

ูˆูŽู„ูŽู‚ูŽุฏู’ ุงูฐุชูŽูŠู’ู†ูฐูƒูŽ ุณูŽุจู’ุนู‹ุง ู…ู‘ูู†ูŽ ุงู„ู’ู…ูŽุซูŽุงู†ููŠู’ ูˆูŽุงู„ู’ู‚ูุฑู’ุงูฐู†ูŽ ุงู„ู’ุนูŽุธููŠู’ู…ูŽ

โ€œDan sungguh, Kami telah memberikan kepadamu tujuh (ayat) yang (dibaca) berulang-ulang dan Al-Qur’an yang agung.โ€ (Qs. Al Hijr: 87).

AsSabโ€™u adalah tujuh ayat, dan AlMatsani karena surat ini selalu diulang-ulang di dalam setiap rakaat shalat.

Kelima, dinamakan Al-Kafiyah. Dinamakan dengan nama AlKafiyah ini maksudnya adalah shalat seorang muslim tidak dianggap sah bila ia tidak membaca surat ini dalam setiap rakaatnya.

Keenam, dinamakan AsySyafiyah. Dinamakan dengan nama ini karena ada sabda dari Rasulullah Shallallahu โ€˜alaihi wasallam, โ€œdari mana engkau mengetahui bahwa ia (Al-Fatihah) adalah ruqyah.โ€ (HR. Al Bukhari).

Keutamaan surat Al-Fatihahย 

Berdasarkan hadits-hadits shahih dari Nabi Shallallahu โ€˜alaihi wasallam, maka ada beberapa keutamaan surah Al-Fatihah ini, antara lain sebagai berikut.

Pertama, Allah mengutus malaikat yang belum pernah turun kebumi, dan turun melewati pintu langit yang belum pernah dibuka.[Ibnu Katsir Abu al-Fidรขโ€™ bin Umar bin Katsir w. 774 H,ย Tafsรฎr Al-Qurโ€™an al-โ€˜Adzhimย (Riyadh: Dรขr Thayyibah, Cet. 2009 M) h. 106, Jilid I.]

ุนูŽู†ู ุงุจู’ู†ู ุนูŽุจู‘ูŽุงุณู ู‚ูŽุงู„ูŽ ุจูŽูŠู’ู†ูŽู…ูŽุง ุฌูุจู’ุฑููŠู„ู ู‚ูŽุงุนูุฏูŒ ุนูู†ู’ุฏูŽ ุงู„ู†ู‘ูŽุจูู‰ู‘ู -ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู…- ุณูŽู…ูุนูŽ ู†ูŽู‚ููŠุถู‹ุง ู…ูู†ู’ ููŽูˆู’ู‚ูู‡ู ููŽุฑูŽููŽุนูŽ ุฑูŽุฃู’ุณูŽู‡ู ููŽู‚ูŽุงู„ูŽ ู‡ูŽุฐูŽุง ุจูŽุงุจูŒ ู…ูู†ูŽ ุงู„ุณู‘ูŽู…ูŽุงุกู ููุชูุญูŽ ุงู„ู’ูŠูŽูˆู’ู…ูŽ ู„ูŽู…ู’ ูŠููู’ุชูŽุญู’ ู‚ูŽุทู‘ู ุฅูู„ุงู‘ูŽ ุงู„ู’ูŠูŽูˆู’ู…ูŽ ููŽู†ูŽุฒูŽู„ูŽ ู…ูู†ู’ู‡ู ู…ูŽู„ูŽูƒูŒ ููŽู‚ูŽุงู„ูŽ ู‡ูŽุฐูŽุง ู…ูŽู„ูŽูƒูŒ ู†ูŽุฒูŽู„ูŽ ุฅูู„ูŽู‰ ุงู„ุฃูŽุฑู’ุถู ู„ูŽู…ู’ ูŠูŽู†ู’ุฒูู„ู’ ู‚ูŽุทู‘ู ุฅูู„ุงู‘ูŽ ุงู„ู’ูŠูŽูˆู’ู…ูŽ ููŽุณูŽู„ู‘ูŽู…ูŽ ูˆูŽู‚ูŽุงู„ูŽ ุฃูŽุจู’ุดูุฑู’ ุจูู†ููˆุฑูŽูŠู’ู†ู ุฃููˆุชููŠุชูŽู‡ูู…ูŽุง ู„ูŽู…ู’ ูŠูุคู’ุชูŽู‡ูู…ูŽุง ู†ูŽุจูู‰ู‘ูŒ ู‚ูŽุจู’ู„ูŽูƒูŽ ููŽุงุชูุญูŽุฉู ุงู„ู’ูƒูุชูŽุงุจู ูˆูŽุฎูŽูˆูŽุงุชููŠู…ู ุณููˆุฑูŽุฉู ุงู„ู’ุจูŽู‚ูŽุฑูŽุฉู ู„ูŽู†ู’ ุชูŽู‚ู’ุฑูŽุฃูŽ ุจูุญูŽุฑู’ูู ู…ูู†ู’ู‡ูู…ูŽุง ุฅูู„ุงู‘ูŽ ุฃูุนู’ุทููŠุชูŽู‡ู.

โ€œDari Ibnu โ€˜Abbas radhiyallahu โ€˜anhu, beliau berkata, โ€˜Saat Jibril duduk disamping Nabi Shallallahu โ€˜alaihi wasallam mendengar suara[Naqรฎdh adalah suara pintu saat dibuka, lihat: Imam an-Nawawiy Abu Zakariya Yahya bin Syaraf w. 676 H,ย Syarhu Shahih Muslimย (Kairo: Dรขr al-Hadits, Cet. 4 2001 M) h. 352, Jilid 3.] dari atasnya maka dia menengadahkan kepalanya dan berkata, โ€˜Suara ini adalah salah satu pintu langit yang dibuka hari ini, belum pernah dibuka kecuali hari ini. Maka turunlah seorang malaikat , dia berkata, โ€˜Ini adalah seorang malaikat yang turun ke bumi, dimana dia sama sekali belum pernah ke bumi kecuali hari ini, kemudian malaikat itu mengucap salam dan berkata, โ€˜Berilah dengan kabar gembira dengan dua cahaya ini yang telah diberikan padamu, yang tidak pernah diberikan kepada nabi sebelummu, surat al-Fatihah dan akhir ayat al-Baqarah, tidaklah engkau membacanya kecuali akan diberikan.โ€ (HR. Muslim).

Kedua, diturunkan dari bawah perbendaharaan โ€˜Arsy. Sebagaimana sabda Nabi Shallallahu โ€˜alaihi wasallam,

ุนูŽู†ู’ ุฃูŽุจููŠ ุฃูู…ูŽุงู…ูŽุฉูŽ ู‚ุงู„ : ุฃูŽุฑู’ุจุนู ุขูŠุงุชู ู…ูู†ู’ ูƒูŽู†ู’ุฒู ุงู„ู’ุนูŽุฑู’ุดู ู„ูŽูŠู’ุณูŽ ูŠูŽู†ู’ุฒูู„ู ู…ูู†ู’ู‡ู ุดูŽูŠู’ุกูŒ ุบูŠุฑูู‡ู† ุบูŠุฑู ุฃู…ู‘ู ุงู„ูƒูุชูŽุงุจู ููŽุฅูู†ู‘ูŽู‡ู ูŠูŽู‚ููˆู’ู„ู: ูˆูŽุฅู†ู‘ูŽู‡ู ูููŠ ุฃูู…ู‘ู ุงู„ู’ูƒูุชูŽุงุจู ู„ูŽุฏูŽูŠู’ู†ูŽุง ู„ุนูŽู„ููŠู‘ูŒ ุญูŽูƒููŠู’ู…ูŒ ุŒ ูˆุขูŠุฉู ุงู„ู’ูƒูุฑู’ุณููŠ ุŒ ูˆูŽุฎูŽุงุชูู…ูŽุฉู ุณููˆู’ุฑูŽุฉู ุงู„ู’ุจูŽู‚ูŽุฑูŽุฉูุŒ ูˆูŽุงู’ู„ูƒูŽูˆู’ุซูŽุฑ.

โ€œDari Abu Umamah beliau berkata, โ€œAda empat ayat yang turun dari perbendaharan โ€˜Arsy, tidak ada yang turun darinya selain yang empat ini. Surat al-Fatihah, ayat kursi, akhir surat al-Baqarah, dan surat al-Kautsar.โ€ (HR. At-Thabaraniy, dengan syawahid yang menguatkan keshahihannya seperti al-Baihaqiy dll).[Mausuโ€™ah Fadhail Suwar Ayat Al-Qurโ€™an, h. 24-26]

Ketiga, Iblis menjerit saat diturunkannya surat al-Fatihah. Rasulullah Shallallallahu โ€˜alaihi wasallam bersabda,

ุนูŽู†ู’ ุฃูŽุจููŠ ู‡ูุฑูŽูŠู’ุฑูŽุฉูŽ ู‚ูŽุงู„ูŽ : ุฑูŽู†ู‘ูŽ ุฅูุจู’ู„ููŠุณู ุญููŠู’ู†ูŽ ุฃูู†ุฒูู„ูŽุชู’ ููŽุงุชูุญูŽุฉู ุงู„ู’ูƒูุชูŽุงุจู

โ€œDari Abu Hurairah radhiyallahu โ€˜anhu, beliau berkata, โ€œIblis menjerit saat turunnya surat al-Fatihah.โ€ (HR. Ibnu Abi Syaibah dengan sanad yang shahih).

Keempat, tidak pernah diturunkan pada kitab lain. Rasulullah Shallallallahu โ€˜alaihi wasallam bersabda,

ุนูŽู†ู’ ุฃูŽุจููŠ ู‡ูุฑูŽูŠู’ุฑูŽุฉูŽ ุŒ ุฃูŽู†ู‘ูŽ ุฑูŽุณููˆู„ูŽ ุงู„ู„ู‡ู ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูŽู…ูŽ ุฎูŽุฑูŽุฌูŽ ุนูŽู„ูŽู‰ ุฃูุจูŽูŠู‘ู ุจู’ู†ู ูƒูŽุนู’ุจู ุŒ ููŽู‚ูŽุงู„ูŽ ุฑูŽุณููˆู„ู ุงู„ู„ู‡ู ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูŽู…ูŽ : ูŠูŽุง ุฃูุจูŽูŠู‘ู ูˆูŽู‡ููˆูŽ ูŠูุตูŽู„ู‘ููŠ ุŒ ููŽุงู„ุชูŽููŽุชูŽ ุฃูุจูŽูŠู‘ูŒ ูˆูŽู„ูŽู…ู’ ูŠูุฌูุจู’ู‡ู ุŒ ูˆูŽุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุฃูุจูŽูŠู‘ูŒ ููŽุฎูŽูู‘ูŽููŽ ุŒ ุซูู…ู‘ูŽ ุงู†ู’ุตูŽุฑูŽููŽ ุฅูู„ูŽู‰ ุฑูŽุณููˆู„ู ุงู„ู„ู‡ู ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูŽู…ูŽ ุŒ ููŽู‚ูŽุงู„ูŽ : ุงู„ุณู‘ูŽู„ุงูŽู…ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ูƒูŽ ูŠูŽุง ุฑูŽุณููˆู„ูŽ ุงู„ู„ู‡ู ุŒ ููŽู‚ูŽุงู„ูŽ ุฑูŽุณููˆู„ู ุงู„ู„ู‡ู ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูŽู…ูŽ : ูˆูŽุนูŽู„ูŽูŠู’ูƒูŽ ุงู„ุณู‘ูŽู„ุงูŽู…ู ุŒ ู…ูŽุง ู…ูŽู†ูŽุนูŽูƒูŽ ูŠูŽุง ุฃูุจูŽูŠู‘ู ุฃูŽู†ู’ ุชูุฌููŠุจูŽู†ููŠ ุฅูุฐู’ ุฏูŽุนูŽูˆู’ุชููƒูŽ ููŽู‚ูŽุงู„ูŽ : ูŠูŽุง ุฑูŽุณููˆู„ูŽ ุงู„ู„ู‡ู ุฅูู†ู‘ููŠ ูƒูู†ู’ุชู ูููŠ ุงู„ุตู‘ูŽู„ุงูŽุฉู ุŒ ู‚ูŽุงู„ูŽ : ุฃูŽููŽู„ูŽู…ู’ ุชูŽุฌูุฏู’ ูููŠู…ูŽุง ุฃููˆุญููŠ ุฅูู„ูŽูŠู‘ูŽ ุฃูŽู†ู’ {ุงุณู’ุชูŽุฌููŠุจููˆุง ู„ูู„ู‘ูŽู‡ู ูˆูŽู„ูู„ุฑู‘ูŽุณููˆู„ู ุฅูุฐูŽุง ุฏูŽุนูŽุงูƒูู…ู’ ู„ูู…ูŽุง ูŠูุญู’ูŠููŠูƒูู…ู’} ู‚ูŽุงู„ูŽ : ุจูŽู„ูŽู‰ ูˆูŽู„ุงูŽ ุฃูŽุนููˆุฏู ุฅูู†ู’ ุดูŽุงุกูŽ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุŒ ู‚ูŽุงู„ูŽ : ุชูุญูุจู‘ู ุฃูŽู†ู’ ุฃูุนูŽู„ู‘ูู…ูŽูƒูŽ ุณููˆุฑูŽุฉู‹ ู„ูŽู…ู’ ูŠูŽู†ู’ุฒูู„ู’ ูููŠ ุงู„ุชู‘ูŽูˆู’ุฑูŽุงุฉู ูˆูŽู„ุงูŽ ูููŠ ุงู„ุฅูู†ู’ุฌููŠู„ู ูˆูŽู„ุงูŽ ูููŠ ุงู„ุฒู‘ูŽุจููˆุฑู ูˆูŽู„ุงูŽ ูููŠ ุงู„ููุฑู’ู‚ูŽุงู†ู ู…ูุซู’ู„ูู‡ูŽุง ุŸ ู‚ูŽุงู„ูŽ : ู†ูŽุนูŽู…ู’ ูŠูŽุง ุฑูŽุณููˆู„ูŽ ุงู„ู„ู‡ู ุŒ ู‚ูŽุงู„ูŽ ุฑูŽุณููˆู„ู ุงู„ู„ู‡ู ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูŽู…ูŽ : ูƒูŽูŠู’ููŽ ุชูŽู‚ู’ุฑูŽุฃู ูููŠ ุงู„ุตู‘ูŽู„ุงูŽุฉู ุŸ ู‚ูŽุงู„ูŽ : ููŽู‚ูŽุฑูŽุฃูŽ ุฃูู…ู‘ูŽ ุงู„ู‚ูุฑู’ุขู†ู ุŒ ููŽู‚ูŽุงู„ูŽ ุฑูŽุณููˆู„ู ุงู„ู„ู‡ู ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูŽู…ูŽ : ูˆูŽุงู„ู‘ูŽุฐููŠ ู†ูŽูู’ุณููŠ ุจููŠูŽุฏูู‡ู ู…ูŽุง ุฃูู†ู’ุฒูู„ูŽุชู’ ูููŠ ุงู„ุชู‘ูŽูˆู’ุฑูŽุงุฉู ูˆูŽู„ุงูŽ ูููŠ ุงู„ู’ุฅูู†ู’ุฌููŠู„ู ูˆูŽู„ุงูŽ ูููŠ ุงู„ุฒู‘ูŽุจููˆุฑู ูˆูŽู„ุงูŽ ูููŠ ุงู„ููุฑู’ู‚ูŽุงู†ู ู…ูุซู’ู„ูู‡ูŽุง ุŒ ูˆูŽุฅูู†ู‘ูŽู‡ูŽุง ุณูŽุจู’ุนูŒ ู…ูู†ูŽ ุงู„ู’ู…ูŽุซูŽุงู†ููŠ ูˆูŽุงู„ู‚ูุฑู’ุขู†ู ุงู„ู’ุนูŽุธููŠู…ู ุงู„ู‘ูŽุฐููŠ ุฃูุนู’ุทููŠุชูู‡ู. ู‡ูŽุฐูŽุง ุญูŽุฏููŠุซูŒ ุญูŽุณูŽู†ูŒ ุตูŽุญููŠุญูŒ.

โ€œDari Abu Hurairah radhiyallahu โ€˜anhu bahwasanya Rasulullah Shallallahu โ€˜alaihi wasallam keluar menemui Ubai bin Kaโ€™ab, beliau berkata, โ€œWahai Ubai, sementara Ubai sedang shalat dan menengok tanpa menjawab seruan itu, lalu dia menyegerakan shalatnya kemudian menemui Rasulullah dan berkata, โ€˜Salam untukmu wahai Rasulullah, Rasulullahpun menjawab, โ€œWa โ€˜alaikassalam. Apa yang menghalangimu tidak menjawab seruanku wahai Ubai?โ€ ย Ubai menjawab, โ€œWahai Rasulullah, tadi aku sedang shalat.โ€

Rasulullah menjawab, โ€œTidakkah kau temui wahyu yang turun kepadaku (penuhilah seruan Allah dan Rasul saat menyeru kalian sesuatu yang memberi kalian kehidupan).โ€

Ubai berkata, โ€œIya, aku tak akan mengulanginya lagi insyaa Allah.โ€ Rasulullah bersabda, โ€œApakah engkau suka jika aku beritahu sebuah surat yang tidak turun dalam taurat, injil, zabur atau furqan, yang semisalnya?โ€

โ€œIya wahai Rasulullah, (dan) aku berharap engkau tidak keluar dari pintu itu sampai engkau memberitahuku.โ€ Maka Rasulullah berdiri dan akupun berdiri bersamanya berbincang denganku dan tanganku memegang tangannya, dan aku sengaja mengulur waktu, takut beliau keluar sebelum mengabarkan kepadaku tentang surat itu. Saat aku mendekati pintu, aku berkata, โ€œWahai Rasulullah, surat yang engkau janjikan kepadaku?โ€

Beliau bersabda, โ€œBagaimana engkau membaca dalam shalat? Maka beliau membaca Ummu al-Kitab, maka Rasulullah bersabda, โ€˜Demi yang jiwaku ditangannya, tidak pernah diturunkan di taurat, injil, zabur dan furqan semisal surat ini, dia adalah tujuh ayat yang diulang-ulang dan Al-Qurโ€™an yang agung, yang diberikan kepadaku.โ€ (HR at-Tirmidziy, beliau berkata: ini hadits hasan shahih). Wallahuaโ€™lam.(A/RS3/P2)

(dari berbagai sumber)

Miโ€™raj News Agency (MINA)