Terus Bertambah, 109 Tentara AS Cedera Otak Pasca Serangan Rudal Iran

Virginia, MINA – Departemen Pertahanan AS melaporkan, tambahan 109 pasukannya didiagnosis menderita traumatis setelah terhadap pangkalan udara Ain al-Asad di Irak bulan lalu.

Dari mereka yang cedera, 76 telah kembali bertugas, demikian pernyataan Pentagon seperti disebutkan media berbasis di Washigton, National Public Radio (NPR).

Ini merupakan pembaruan yang kelima kalinya AS telah merevisi jumlah personel yang terluka akibat serangan rudal Iran.

Presiden Trump awalnya melaporkan tidak ada yang terluka. “Tidak ada orang Amerika yang terluka dalam serangan semalam oleh rezim Iran,” kata Trump tak lama setelah serangan.

Namun, Pentagon kemudian mengatakan bahwa 11 orang menderita otak. Pada 24 Januari, jumlahnya melonjak menjadi 34. Sepekan kemudian, korban menjadi 50 personel terluka. Revisi berikutnya menjadi 64, dan kini 109 personel.

Membahas meningkatnya korban cedera, Jenderal Mark A. Milley, Ketua Kepala Staf Gabungan, mengatakan bahwa cedera traumatik sering “membutuhkan waktu untuk mengembalikan dirinya.”

Milley juga mengatakan, militer akan merawat anggota pasukan yang menderita cedera otak traumatis di Irak, dengan mengatakan mereka akan dipantau untuk “sisa hidup mereka” dan menerima perawatan yang mereka butuhkan.

Dari jumlah tersebut, menurut NPR, 75 telah kembali bertugas di Irak, 27 dirawat di AS, 21 di Jerman, tujuh sedang dalam perjalanan dari Irak ke Jerman, dan lima masih dievaluasi.

Serangan Iran menargetkan setidaknya dua pangkalan militer AS di Irak yang menampung personel AS.

Tindakan Iran adalah sebagai balasan atas serangan pesawat tak berawak AS yang menewaskan salah satu komandan militernya, Mayor Jenderal Qassem Soleimani.

Trump baru-baru ini tampaknya meremehkan kondisi anggota layanan, mengatakan pada akhir Januari, “Saya mendengar bahwa mereka mengalami sakit kepala dan beberapa hal lain, tetapi saya akan mengatakan, dan saya dapat melaporkan, itu tidak terlalu serius.”

Cedera Serius

Seorang ahli cedera otak terkait pertempuran seperti traumatis TBI, David Cifu dari Virginia Commonwealth University, mengatakan, “Semua gegar otak, semua cedera otak serius. Jadi mereka serius.”

Cifu menambahkan, “Kabar baiknya adalah bahwa 95% hingga 98% orang dengan gegar otak yang didiagnosis sejak dini, dan dirawat secara komprehensif akan memiliki hasil jangka pendek dan panjang yang luar biasa. ”

Tetapi dokter, yang memimpin penelitian tim nasional terhadap cedera otak, mengatakan bahwa jika gegar otak TBI dan kondisi serupa tidak didiagnosis dan diobati sejak dini, pasien menghadapi risiko lebih tinggi untuk masalah atau gejala tambahan.

“Yang penting adalah ia didiagnosis sekarang dan mereka sedang menindakinya,” imbuhnya.

Departemen Pertahanan berkomitmen untuk memberikan “hasil terbaik yang mungkin bagi anggota layanan kami,” Alyssa Farah, sekretaris pers Pentagon, mengatakan dalam pernyataan tentang laporan cedera terbaru.

“Kami berterima kasih atas upaya para profesional medis kami yang telah bekerja dengan rajin untuk memastikan tingkat perawatan yang sesuai untuk anggota layanan kami,” kata Farah. (T/RS2/RI-1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.