Tiba di Jepang, Raja Salman Disambut Putra Mahkota Naruhito

Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz tiba di Bandara Internasional Haneda di Tokyo pada hari Ahad (12/3). (Foto: AP/Shizuo Kambayashi)

 

Tokyo, 13 Jumadil Akhir 1438/12 Maret 2017 (MINA) – Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz telah tiba di Bandara Internasional Haneda di Tokyo pada hari Ahad (12/3) yang disambut langsung oleh Putra Mahkota Kekaisaran Naruhito.

juga diterima oleh Duta Besar Arab Saudi untuk Jepang Ahmed Younis Al-Barrak, dan pejabat dari Kedutaan Arab Saudi.

Raja Salman akan bertemu dengan Kaisar Akihito dan Perdana Menteri Shinzo Abe selama tinggal empat hari di negara itu, demikian Arab News memberitakan yang dikutip MINA.

Tur ke negara itu adalah yang pertama oleh seorang raja Arab Saudi sejak kunjungan 1971 oleh Raja Faisal. Raja Salman sendiri terakhir mengunjungi Jepang pada tahun 2014 sebagai putra mahkota.

Arab Saudi adalah penyedia terbesar untuk impor minyak Jepang yang energinya bergantung pada Timur Tengah.

Pejabat di Tokyo mengatakan, Jepang berharap bisa menggunakan kunjungan Raja Salman untuk memperluas hubungan dengan Arab Saudi dan membantu upaya negara Asia itu untuk memversifikasi ekonominya, termasuk mencari cara meningkatkan investasi Jepang di sektor non-energi seperti manufaktur.

Perbincangan kedua pemimpin kerajaan tersebut dijadwalkan juga mencakup berbagai isu bilateral dan regional, konflik di Timur Tengah, kerjasama Arab-Jepang dalam rangka Visi 2030, dan kemitraan komersial dengan referensi khusus untuk IPO Aramco Saudi.

Dari Jepang, Raja Salman dan delegasinya akan melanjutkan kunjungan ke Cina, lalu ke Maladewa dan terakhir ke Yordania, setelah sebelumnya mengunjungi Malasysia dan Indonesia. (T/RI-1/P2)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Widi Kusnadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.