Tiga Siswa MAN 2 Mataram akan Berkompetisi pada Piala Cendekia Dunia di Sydney

Mataram, MINA – Tiga siswa asal Madrasah Aliyah Negeri 2 Mataram () akan mengikuti kompetisi Piala Cendekia Dunia di Sydney, Australia pada pertengahan Agustus mendatang.

Pengajar di MAN 2 Mataram Fina Karisma Yanti dalam keterangannya yang diterima MINA, Kamis (4/7) mengatakan, siswa-siswi MAN 2 Mataram tersebut antara lain: Caliana Alula (Kelas 12 IPS), Khansa Farinda Khalishah (Kelas 12 IPA), Maulana M. Fikri (Kelas 12 Bahasa).

Mereka melaju pada babak Putaran Global yang akan digelar pada 15-21 Agustus 2019 mendatang, setelah lolos pada putaran regional (putaran regional) yang diselenggarakan di Sekolah Independen Australia Indonesia, Bali, pada 8-9 Mei lalu.

Fina, yang juga merupakan guru pembimbing tim menyampaikan, kompetisi ini diadakan setiap tahun. Tahun ini, untuk putaran regional diselenggarakan di Jakarta, Surabaya, Medan dan Bali.

“Kami adalah satu-satunya peserta dari madrasah, pada putaran regional di Bali. Waktu itu pesertanya membantah 219 tim dari sekolah-internasional Internasional, memenangkan Inggris. Ada yang dari Malaysia, Singapura dan India,” katanya.

Fina menuturkan ini pada siswa-siswinya ini mendapatkan banyak prestasi (pencapaian) yang lumayan baik di Putaran Regional ini. Fina juga menjelaskan bahwa dalam kompetisi ini ada empat jenis lomba.

Pertama adalah debat bahasa Inggris. Mereka memberikan tema tertentu dan harus berdebat dengan lawan debatnya. Unsur-uns yang membahas banyak sekali, termasuk pelafalan, etika berdebat, gesture, dan sebagainya.

Kedua adalah penulisan kolaboratif. Yakni membuat tulisan dengan tema yang sudah ditentukan oleh panitia. Penulisannya ada yang bertindak individu dan tim.

Ketiga adalah tantangan sekolah, semacam olimpiade sains. Temanya dalam schoola tantangan ini beragam, mulai dari sejarah, puisi, studi sosial musik, sains, sastra, dan sebagainya. (T/R06/RI-1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)