Tim Gabungan BNPB dan BPPD Serahkan Bantuan untuk Solok Selatan

Jakarta, MINA – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dari Tim Bantuan Darurat dan Peralatan bersama tim dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Solok Selatan menyerahkan bantuan ke wilayah terisolir dari bencana banjir bandang dan longsor Solok Selatan, Provinsi Sumatera Barat, Ahad (1/12), demikian BNPB melaporkan.

Upaya yang dilakukan hingga mencapai titik terisolir tersebut yaitu di Jorong Manggis , merupakan bantuan ke sekian kalinya bagi warga yang terdampak bencana.

Menurut keterangan tim logistik dari Dinas Sosial setempat, bantuan telah diserahkan sejak sehari setelah bencana terjadi ke seluruh area terdampak.

Beberapa pengungsi juga mengakui bahwa bantuan sudah datang sejak setelah terjadi bencana, sebagaimana laporan yang diterima Humas BNPB dari tim di lapangan.

Adapun beberapa jenis bantuan tersebut, terdiri dari bahan makanan untuk dimasak di posko dan juga paket sembako.

Bantuan dikirimkan menggunakan mobil Patroli Polisi dengan kawalan ketat Tagana, Polri, Peksos dan masyarakat hingga mencapai titik terdekat.

Sebelumnya BNPB telah menyalurkan bantuan untuk korban bencana terdampak bencana banjir bandang dan longsor Solok Selatan berupa Dana Siap Pakai senilai Rp.250 juta.

Kemudian Pemerintah Provinsi Sumatera Barat juga memberikan bantuan Rp350 juta rupiah, dan sementara dari Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit Rp650 juta rupiah dan bantuan lain berupa logistik dan peralatan yang telah dikirimkan dalam empat tahap.

Selain pendistribusian logistik, kegiatan seperti trauma healing dan layanan kesehatan juga dilakukan di posko pengungsian hingga hari ini. (R/Gun/RS2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.