Tim SAR Temukan Black Box Milik Lion Air JT 610

Jakarta, MINA – Tim SAR gabungan berhasil menemukan atau kotak hitam milik pesawat JT 610 yang hilang kontak dan jatuh di perairan dekat Karawang, Jawa Barat, Senin (29/10) lalu. Benda berwarna oranye itu ditemukan dalam kondisi terpisah dari badan pesawat dan berada di kedalaman sekitar 30 meter.

“Kami berhasil menemukan black box warna oranye. Kondisinya utuh, kemudian ada alat-alat sedikit di dalam lumpur,” tutur Sertu Hendra, penyelam dari TNI AL yang berhasil menemukan kotak tersebut, Kamis (1/11).

Mengutip situs Wikipedia, black box adalah sekumpulan perangkat yang digunakan dalam bidang transportasi – umumnya merujuk kepada perekam data penerbangan (flight data recorder/FDR) dan perekam suara kokpit (cockpit voice recorder/CVR) dalam pesawat terbang.

Selain menemukan black box, tim SAR juga menemukan serpihan badan pesawat di dasar laut. Hal tersebut diketahui dari penelusuran penyelam dari Dinas Penyelamatan Bawah Air (Dislambir) di titik atau spot yang sebelumnya telah ditemukan KRI Rigel.

Kendati demikian, potongan sepanjang 1,5 meter yang ditemukan  itu belum bisa dipastikan sebagai bagian dari dari pesawat Lion Air JT610 tujuan Jakarta – Pangkalpinang tersebut. (L/R06/B05)

Mi’raj News Agency (MINA)