TNI AL Kerahkan Kapal Perang Bantu Vaksinasi di Makassar

Makassar, MINA – TNI Angkatan Laut (TNI AL) Lantamal VI Makassar melakukan vaksinasi kepada ratusan nelayan yang digelar di kapal perang.

Dengan menggunakan kapal sea rider Satrol TNI AL, vaksinasi dilakukan kepada ratusan nelayan. Penggunaan kapal perang sengaja dilakukan untuk menyasar nelayan yang setiap harinya melaut dan belum mendapatkan vaksinasi tahap pertama.

Lebih dari 15 ribu warga kepulauan yang berada di wilayah Lantamal VI menerima vaksin sehingga proses vaksinasi merata hingga ke warga maritim.

Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) VI Makassar, Laksma Benny Sukandari, mengatakan sebanyak 25 kapal nelayan dari berbagai jenis telah merapat untuk melakukan vaksinasi.

“Kita perhatikan kurang lebih 25 kapal nelayan ataupun kapal antar pulau yang sudah merapat, dengan harapan kita menargetkan bisa sampai 400 atau 500 dosis vaksin yang diberikan,” kata Benny Sukandari.

Para nelayan tersebut belum pernah mendapatkan suntikan vaksin Covid-19 tahap pertama. Mengutip website resmi TNI AL, koarmada2.tnial.mil.id, Rabu (21/7), Benny Sukandari mengatakan, kegiatan serbuan vaksin Covid-19 di KAL Pulau Langkai telah mencapai 15.727 target vaksinasi.

Lebih lanjut, Benny menjelaskan sasaran vaksinasi adalah bagi seluruh masyarakat yang belum menerima vaksin Covid-19 di daerah pesisir.

Mereka di antaranya warga masyarakat di sekitar pelabuhan, warga kampung bahari, para nelayan, dan pekerja pelabuhan.Selain itu, vaksinasi juga menyasar para pedagang dan pengunjung pasar ikan serta pengguna jasa transportasi laut lainnya.

Sebelumnya, TNI AL telah juga melakukan vaksinasi dengan mengerahkan dua kapal perang.

Yakni Kapal Angkatan Laut (KAL) Pulau Langkai II-6-63 dan KAL Pintar II-6-57 yang dimodifikasi sebagai ambulans laut. Kapal ini dijadikan tempat pelayanan vaksin dalam rangka Program TNI AL Serbuan Vaksinasi Covid-19 kepada masyarakat maritim.

Dalam vaksinasi ini, sebanyak 33 kapal nelayan dari berbagai jenis telah merapat untuk melakukan vaksinasi.Program vaksinasi ini turut dihadiri pula oleh Asrena Danlantamal VI, Kadispotmar Lantamal VI, Komandan KRI Badau- 841, dan Dandenma Lantamal VI.

Juga Danyonmarhanlan VI, Kadiskes Lantamal VI, Karumkital Jala Ammari, serta Kadispen Lantamal VI.

Masyarakat sangat antusias dengan adanya kegiatan vaksinasi di atas Kapal Perang TNI AL ini, mengingat layanan vaksinasi ini diberikan secara gratis kepada mereka. Bahkan satu di antara nelayan mengatakan perasaan bangga dirinya dapat menerima vaksinasi di atas kapal perang. (T/R2/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)