Tolak Konferensi Bahrain, Warga Gaza Lakukan Aksi Mogok Massal

, MINA – Warga di Jalur Gaza Palestina melakukan aksi massal pada Selasa (25/6) pagi. Aksi mogok sebagai penolakan terhadap yang diadakan hari ini di ibu kota Manama, di tengah penolakan luas rakyat Palestina dan Arab.

Aksi mogok dan demonstrasi serupa dilakukan warga Palestina di yang diduduki Israel, dengan tujuan yang sama.

Koresponden Safa yang dikutip MINA mengatakan, aksi mogok melumpuhkan lembaga-lembaga sektor swasta dan perusahaan, toko-toko serta pasar.

Konferensi Bahrain yang bertujuan mengimplementasikan aspek ekonomi dari sebuah rencana perdamaian yang dikenal dengan “Kesepakatan Abad Ini”, berupaya melikuidasi perjuangan Palestina dengan imbalan investasi di negara-negara Arab.

Pada hari Selasa ini, Komite Tindak Lanjut Pasukan Nasional dan Islam mengumumkan pemogokan komprehensif di seluruh Jalur Gaza yang mencakup semua aspek kehidupan sebagai protes terhadap lokakarya Bahrain.

Pasukan juga meminta massa rakyat di Gaza dan Tepi Barat serta di wilayah-wilayah pendudukan pada tahun 1948 dan di diaspora untuk berpartisipasi dalam berbagai acara dan konferensi menentang konferensi Bahrain yang bertujuan menyelesaikan masalah nasional Palestina.

Komite mengumumkan, organisasi konferensi nasional pada malam ini untuk menekankan posisi Palestina, menolak Kesepakatan Abad Ini dan hasilnya nanti dijadwalkan untuk dibicarakan dengan para pemimpin faksi.

Pemogokan komprehensif akan diadakan di Tepi Barat yang diduduki atas undangan gerakan Fatah, tetapi kemudian dibatalkan dan terbatas pada demonstrasi rakyat.

Penasihat Presiden AS Donald Trump, Jared Kushner, sebelumnya mengungkapkan rincian ekonomi “Kesepakatan Abad Ini” yang akan dibahas pada konferensi Manama di Bahrain pada 25-26 Juni.

Dia menunjukkan bahwa negara-negara donor dan investor akan berkontribusi sekitar 50 miliar dolar AS, termasuk 28 miliar untuk wilayah Palestina di Tepi Barat dan Gaza, 7,5 miliar untuk Yordania, 9 miliar untuk Mesir, dan 6 miliar untuk Lebanon.

Terlepas dari penolakan beberapa negara Arab untuk ikut serta karena kekhawatiran mengimplementasikan “Kesepakatan Abad Ini” di lapangan, negara-negara seperti Mesir, Yordania dan Maroko telah mengumumkan keikutsertaan mereka dalam lokakarya Bahrain yang bertujuan memberikan manfaat ekonomi yang dapat dibawa oleh perjanjian untuk menggabungkan masalah Palestina.

Konferensi ini, yang juga disebut Konferensi Bahrain, didahului oleh langkah-langkah awal Presiden Trump tentang isu-isu sensitif dalam konflik Israel-Palestina. (T/B05/RI-1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.