Tunggangi Kuda, Mudirusshuffah Al-Fatah Lampung Inspeksi Barisan Upacara

Mudirusshuffah (Pimpinan Ponpes) Al-Fatah Lampung, Muflihuddin, Lc., menunggangi kuda saat inspeksi barisan upacara Perayaan HUT RI ke-78, Kamis (17/8).

Lampung Selatan, MINA – Suara langkah kaki kuda yang tegas meski samar terdengar oleh peserta upacara Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI ke-78) di Lapangan Gaza, Dusun Al-Muhajirun, Negararatu, Natar, Lampung Selatan, Kamis (17/8).

Tak seperti upacara perayaan HUT RI tahun-tahun sebelumnya, Ma’had Shuffah Hizbullah dan Pondok Pesantren Al-Fatah kali ini mengikutsertakan seekor kuda yang berdiri sigap di belakang podium Inspektur Upacara.

Biasanya, setelah Protokol Upacara mempersilakan Inspektur untuk memeriksa barisannya, sang Inspektur akan berjalan didampingi komandan. Namun, Mudirusshuffah (Pimpinan Ponpes) Al-Fatah Lampung, Muflihuddin, Lc., perlahan menginjak sanggurdi dan dengan hati-hati duduk di pelana kuda, setelah protokol membacakan instruksi.

Tetap didampingi komandan upacara, Muflih berkeliling menyambangi komandan beserta peletonnya untuk memastikan semua pasukan siap mengikuti upacara. Setelah selesai, ia kembali ke mimbar dan sang kuda diarahkan kembali ke tempat semula.

Dalam amanatnya, ia mengatakan kemerdekaan bangsa Indonesia dari tangan penjajah bukan hanya karena kuat dan hebatnya bangsa Indonesia, tetapi juga berkat limpahan rahmat Allah Yang Maha Kuasa.

“Oleh karenanya, kita wajib mensyukuri dengan mengisi berbagai macam ibadah, bukan dengan senda gurau dan aneka permainan yang tidak ada nilai ibadah,” tegasnya.

Susunan acara satu per satu dibacakan hingga selesai, semuanya berjalan dengan sangat lancar. Khidmat, penuh semangat, peserta upacara yang terdiri dari 1000 santri serta jajaran staff dan tenaga pengajar, tidak terkalahkan oleh sinar matahari yang kian waktu semakin merangkak.

Kehadiran seekor kuda di lapangan upacara itu bukan tanpa sebab, melainkan bagian dari pengenalan ekstrakulikuler berkuda di Ponpes Al-Fatah Lampung, yang sudah berjalan satu tahun terakhir dan berhasil mencetak atlit berkuda, mengikuti kompetisi tingkat nasional yaitu Annisa Hanifa. (L/cha/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: hadist

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.