Tuntunan Puasa Ramadhan (2)

Oleh Zaenal Muttaqin, wartawan MINA

(Sambungan)

Perkara-Perkara yang Wajib Ditinggalkan Orang yang Berpuasa

Diwajibkan atas orang yang berpuasa untuk meninggalkan makan, minum dan hubungan seksual. Hal ini tentunya sangat dimaklumi berdasarkan firman Allah:

ูˆูŽูƒูู„ููˆุง ูˆูŽุงุดู’ุฑูŽุจููˆุง ุญูŽุชู‘ูŽู‰ ูŠูŽุชูŽุจูŽูŠู‘ูŽู†ูŽ ู„ูŽูƒูู…ู ุงู„ู’ุฎูŽูŠู’ุทู ุงู„ู’ุฃูŽุจู’ูŠูŽุถู ู…ูู†ูŽ ุงู„ู’ุฎูŽูŠู’ุทู ุงู„ู’ุฃูŽุณู’ูˆูŽุฏู ู…ูู†ูŽ ุงู„ู’ููŽุฌู’ุฑู ุซูู…ู‘ูŽ ุฃูŽุชูู…ู‘ููˆุง ุงู„ุตู‘ููŠูŽุงู…ูŽ ุฅูู„ูŽู‰ ุงู„ู„ู‘ูŽูŠู’ู„ู

โ€œDan makan dan minumlah kalian hingga nampak bagi kalian benang putih dari benang hitam yaitu fajar, kemudian sempurnakanlah itu sampai malam”.

Dan dalam hadits Abi Hurairah radhiyallahu โ€˜anhu riwayat Al-Bukhari dan Muslim, Rasulullah shollallahu โ€˜alaihi wa โ€˜ala alihi wa sallam menegaskan:

ูƒูู„ู‘ู ุนูŽู…ูŽู„ู ุงุจู’ู†ู ุขุฏูŽู…ูŽ ูŠูุถูŽุงุนูŽูู ุงู„ู’ุญูŽุณูŽู†ูŽุฉู ุนูŽุดูŽุฑูŽ ุฃูŽู…ู’ุซูŽุงู„ูู‡ูŽุง ุฅูู„ูŽู‰ ุณูŽุจู’ุนูู…ูุงุฆูŽุฉู ุถูุนู’ูู ู‚ูŽุงู„ูŽ ุงู„ู„ู‡ู ุชูŽุนูŽุงู„ูŽู‰ : ุฅูู„ุงูŽู‘ ุงู„ุตู‘ููŠูŽุงู…ูŽ ููŽุฅูู†ู‘ูŽู‡ู ู„ููŠู’ ูˆูŽุฃูŽู†ูŽุง ุฃูŽุฌู’ุฒููŠู’ ุจูู‡ู, ูŠูŽุฏูŽุนู ุดูŽู‡ู’ูˆูŽุชูŽู‡ู ูˆูŽุทูŽุนูŽุงู…ูŽู‡ู ู…ูู†ู’ ุฃูŽุฌู’ู„ููŠู’

โ€œSetiap amalan Anak Adam kebaikannya dilipatgandakan menjadi sepuluh sampai tujuh ratus kali lipat. Allah Taโ€™ala berfirman: โ€œKecuali puasa, sesungguhnya ia adalah (khusus) bagi-Ku dan Aku yang akan memberikan pahalanya, ia (orang yang berpuasa) meninggalkan syahwatnya dan makanannya karena Akuโ€.

Bagi orang yang berpuasa diwajibkan meninggalkan perkataan dusta, makan harta dari hasil riba dan mengadu domba. Juga diharuskan meninggalkan segala perkara yang sia-sia dan tidak berguna.

Dua hal tersebut menurut dalil-dalil umum tentang larangan melakukan perkara-perkara di atas dan secara khusus menyangkut puasa Rasulullah shollallahu โ€˜alaihi wa โ€˜ala alihi wa sallam telah menjelaskan dalam hadits Abu Huroiroh radhiyallahu โ€˜anhu riwayat Al-Bukhari:

ู…ูŽู†ู’ ู„ูŽู…ู’ ูŠูŽุฏูŽุนู’ ู‚ูŽูˆู’ู„ูŽ ุงู„ุฒู‘ููˆู’ุฑู ูˆูŽุงู„ู’ุนูŽู…ูŽู„ูŽ ุจูู‡ู ููŽู„ูŽูŠู’ุณูŽ ู„ู„ู‡ู ุญูŽุงุฌูŽุฉูŒ ูููŠู’ ุฃูŽู†ู’ ูŠูŽุฏูŽุนูŽ ุทูŽุนูŽุงู…ูŽู‡ู ูˆูŽุดูŽุฑูŽุงุจูŽู‡ู

โ€œSiapa yang tidak meninggalkan perkataan dusta dan beramal dengannya maka Allah tidak ada hajat/keperluan padanya apabila ia meninggalkan makan dan minumnya (yaitu pada puasanya).โ€

Hadits lain dari Abu Hurairah radhiyallahu โ€˜anhu riwayat Ibnu Khuzaimah, Rasulullah shollallahu โ€˜alaihi wa โ€˜ala alihi wa sallam menegaskan:

ู„ูŽูŠู’ุณูŽ ุงู„ุตู‘ููŠูŽุงู…ู ู…ูู†ูŽ ุงู„ู’ุฃูŽูƒู’ู„ู ูˆูŽุงู„ุดู‘ูŽุฑูŽุงุจู, ุฅูู†ู‘ูŽู…ูŽุง ุงู„ุตู‘ููŠูŽุงู…ู ู…ูู†ูŽ ุงู„ู„ู‘ูŽุบู’ูˆู ูˆูŽุงู„ุฑูŽููŽุซู

โ€œBukanlah puasa itu sekedar (menahan) dari makan dan minumannya, namun puasa itu hanyalah (menahan) dari perbuatan sia-sia dan tidak bergunaโ€.

Dilarang pula melakukan puasa Wishol, yaitu menyambung puasa dua hari berturut-turut atau lebih tanpa berbuka. Puasa wishol haram atas umat ini kecuali bagi Rasulullah shollallahu โ€˜alaihi wa โ€˜ala alihi wa sallam menurut pendapat yang paling kuat di kalangan para โ€˜ulama.

Hal tersebut berdasarkan hadits Abdullah bin โ€˜Umar, Abu Hurairah, โ€˜Aisyah dan Anas bin Malik radhiyallahu โ€˜anhum riwayat Al-Bukhary dan Muslim. Rasulullah shollallahu โ€˜alaihi wa โ€˜ala alihi wa sallam menyatakan:

ู†ูŽู‡ูŽู‰ ุฑูŽุณููˆู’ู„ู ุงู„ู„ู‡ู ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุนูŽู„ูŽู‰ ุขู„ูู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูŽู…ูŽ ุนูŽู†ู ุงู„ู’ูˆูุตูŽุงู„ู ู‚ูŽุงู„ููˆู’ุง: ุฅูู†ู‘ูŽูƒูŽ ุชููˆูŽุงุตูู„ู ู‚ูŽุงู„ูŽ : ุฅูู†ู‘ููŠู’ ู„ูŽุณู’ุชู ู…ูุซู’ู„ูŽูƒูู…ู’ ุฅูู†ู‘ููŠู’ ุฃูุทู’ุนูŽู…ู ูˆูŽุฃูุณู’ู‚ูŽู‰

โ€œRasulullah shollallahu โ€˜alaihi wa โ€˜ala alihi wa sallam melarang dari puasa wishol, maka para sahabat berkata: โ€œSesungguhnya engkau melakukan wishol?โ€. Beliau menjawab: โ€œSesungguhnya saya tidak seperti kalian saya diberi (kekuatan) makan dan minumโ€.

Perkara yang Jika Terdapat pada Orang Berpuasa Boleh Baginya untuk Berpuasa

Bangun kesiangan dalam keadaan junub, diperbolehkan baginya untuk berpuasa berdasarkan hadits โ€˜Aisyah dan Ummu Salamah radhiyallahu โ€˜anhuma riwayat Al-Bukhari dan Muslim:

ุฃูŽู†ู‘ูŽ ุงู„ู†ู‘ูŽุจููŠู‘ูŽ ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุนูŽู„ูŽู‰ ุขู„ูู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูŽู…ูŽ ูƒูŽุงู†ูŽ ูŠูุฏู’ุฑููƒูู‡ู ุงู„ู’ููŽุฌู’ุฑููˆูŽู‡ููˆูŽ ุฌูู†ูุจูŒ ู…ูู†ู’ ุฃูŽู‡ู’ู„ูู‡ู ุซูู…ู‘ูŽ ูŠูŽุบู’ุชูŽุณูู„ู ูˆูŽูŠูŽุตููˆู’ู…ู

โ€œSesungguhnya Rasulullah shollallahu โ€˜alaihi wa โ€˜ala alihi wa sallam kadang-kadang dijumpai oleh waktu subuh sedang beliau dalam keadaan junub dari istrinya, kemudian beliau mandi dan berpuasaโ€.

Tidak ada perbedaan apakah dia junub sebab mimpi atau sebab berhubungan. Demikian pula wanita yang haid atau nifas yang telah suci sebelum terbit fajar, akan tetapi dia belum sempat mandi takut kesiangan, dia juga boleh berpuasa menurut pendapat yang paling kuat di kalangan para โ€˜ulama berdasarkan hadits di atas.

Diperbolehkan untuk bersiwak bahkan hal tersebut merupakan sunnah, apakah menggunakan kayu siwak atau dengan sikat gigi. Juga dibolehkan menyikat gigi dengan pasta gigi, tetapi dengan menjaga jangan sampai menelan sesuatu ke dalam kerongkongannya dan juga jangan mempergunakan pasta gigi yang mempunyai pengaruh kuat ke dalam perut dan tidak bisa diatasi.

Dua hal di atas berdasarkan keumuman hadits yang menunjukkan disunnahkannya bersiwak, seperti hadits Abu Hurairah radhiyallahu โ€˜anhu riwayat Al-Bukhari dan Muslim, Rasulullah shollallahu โ€˜alaihi wa โ€˜ala alihi wa sallam bersabda:

ู„ูŽูˆู’ู„ูŽุง ุฃูŽู†ู’ ุฃูŽุดูู‚ู‘ูŽ ุนูŽู„ูŽู‰ ุฃูู…ู‘ูŽุชููŠู’ ู„ูŽุฃูŽู…ูŽุฑู’ุชูู‡ูู…ู’ ุจูุงู„ุณู‘ููˆูŽุงูƒู ุนูู†ู’ุฏูŽ ูƒูู„ู‘ู ุตูู„ูŽุงุฉู

โ€œAndaikata tidak akan memberatkan ummatku niscaya akan kuperintahkan mereka untuk bersiwak setiap hendak sholatโ€.

Boleh berkumur-kumur dan menghirup air ketika berwudhu dengan ketentuan tidak terlalu dalam dan berlebihan sehingga mengakibatkan air masuk ke dalam kerongkongan. Juga tidak ada larangan untuk berkumur-kumur disebabkan teriknya matahari sepanjang tidak menelan air ke kerongkongan.

Hal itu berdasarkan hadits dari Laqith bin Shabirah radhiyallahu โ€˜anhu riwayat Abu Daud, At-Tirmidzy, An-Nasa`i, Ibnu Majah dan lain-lainnya, Rasulullah shollallahu โ€˜alaihi wa โ€˜ala alihi wa sallam menyatakan:

ูˆูŽุจูŽุงู„ูุบู’ ูููŠ ุงู„ู’ุฅูุณู’ุชูู†ู’ุดูŽุงู‚ู ุฅูู„ุงู‘ูŽ ุฃูŽู†ู’ ุชูŽูƒููˆู’ู†ูŽ ุตูŽุงุฆูู…ู‹ุง

โ€œDan bersungguh-sungguhlah engkau dalam menghirup air kecuali jika engkau dalam keadaan puasa”.

Dibolehkan mandi dalam keadaan berpuasa bahkan juga boleh berenang sepanjang ia menjaga tidak tertelannya air ke dalam tenggorokannya. Juga boleh bercelak untuk mata ketika berpuasa. Keduanya dibolehkan karena tidak adanya dalil yang melarangnya.

Bolehkan juga memeluk/bersentuhan dan mencium istri bila mampu menguasai dirinya. Ini menurut pendapat yang paling kuat di kalangan para ulama.

Berdasarkan hadits Aisyah radhiyallahu โ€˜anha riwayat Al-Bukhary dan Muslim, Rasulullah shollallahu โ€˜alaihi wa โ€˜ala alihi wa sallam bersabda:

ูƒูŽุงู†ูŽ ุฑูŽุณููˆู’ู„ู ุงู„ู„ู‡ู ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุนูŽู„ูŽู‰ ุขู„ูู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูŽู…ูŽ ูŠูู‚ูŽุจู‘ูู„ู ูˆูŽู‡ููˆูŽ ุตูŽุงุฆูู…ูŒ ูˆูŽูŠูุจูŽุงุดูุฑู ูˆูŽู‡ููˆูŽ ุตูŽุงุฆูู…ูŒ, ูˆูŽู„ูŽูƒูู†ู‘ูŽู‡ู ูƒูŽุงู†ูŽ ุฃูŽู…ู’ู„ูŽูƒูŽูƒูู…ู’ ู„ูุฅูุฑู’ุจูู‡ู

โ€œAdalah Nabi shollallahu โ€˜alaihi wa โ€˜ala alihi wa sallam mencium dalam keadaan berpuasa dan memeluk dalam keadaan berpuasa dan beliau adalah orang yang paling mampu menguasai syahwatnyaโ€.

Boleh menelan ludah bagi orang yang berpuasa. Adapun dahak tidaklah membatalkan puasa jika ditelan, tetapi menelan dahak tidak baik karena dahak merupakan kotoran yang membahayakan tubuh.

Boleh mencium bau-bauan apakah itu bau makanan, bau parfum dan lain-lain. Hal itu boleh karena tidak adanya dalil yang melarang.

Boleh mencicipi masakan dengan ketentuan menjaganya jangan sampai masuk ke dalam tenggorokan dan kembali mengeluarkannya. Abdullah bin โ€˜Abbas radhiyallahu โ€˜anhuma berkata Nabi shollallahu โ€˜alaihi wa โ€˜ala alihi wa sallam bersabda:

ู„ูŽุง ุจูŽุฃู’ุณูŽ ุฃูŽู†ู’ ูŠูŽุฐููˆู’ู‚ูŽ ุงู„ุตู‘ูŽุงุฆูู…ู ุงู„ู’ุฎูŽู„ู‘ูŽ ูˆูŽุงู„ุดู‘ูŽูŠู’ุกูŽ ุงู„ู‘ูŽุฐููŠู’ ูŠูุฑููŠู’ุฏู ุดูŽุฑูŽุงุกูŽู‡ู ู…ูŽุงู„ูŽู…ู’ ูŠูุฏู’ุฎูู„ู’ ุญูŽู„ู’ู‚ูŽู‡ู ูˆูŽู‡ููˆูŽ ุตูŽุงุฆูู…ูŒ

โ€œTidak apa-apa bagi orang yang berpuasa mencicipi cuka atau sesuatu yang ia ingin beli sepanjang tidak masuk ke dalam tenggorokannyaโ€.

Wallahu a’lam (A/B05/P1)

Dari berbagai sumber.

(Bersambung…)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0