UAR Bantu Korban Gempa Cianjur, dari Renovasi Rumah Hingga Pelatihan Thibun Nabawi

Relawan UAR bersama Imaam Yaksyallah Mansur melihat kondisi korban gempa Cianjur.(Foto: MINA)

Cianjur, MINA – Ukhuwah Al Fatah Rescue () melalui laporannya menginfokan kegiatan para relawan selama berada di lokasi bencana sejak 21 November 2022.

Muqarrobin Al-Ayubi, Sekretaris Umum UAR, Sabtu (31/12), mengatakan, pada fase transisi pasca tanggap darurat, relawan UAR melakukan pembongkaran rumah yang dianggap genting dan membahayakan.

“Pembongkaran dan perapihan rumah yang terdampak dilakukan di tiga desa antara lain Desa Nagrak, Desa Panumbangan, dan Desa Sarampad,” jelas Ayub.

Dia menyampaikan, UAR juga membantu saluran air yang tersumbat akibat pergeseran tanah dan pembuatan sumur bor.

Selain itu, UAR membuat dua masjid dan satu musholla darurat dan satu madrasah darurat, serta 70 hunian sementara untuk korban gempa yang bekerjasama dengan para LSM dan para Donatur.

Relawan UAR juga mengajar ngaji dan mengajak anak-anak bermain permainan motivasi serta menceritakan sejarah para nabi dan sahabat.

“Relawan UAR juga memberikan Psikososial di SDN selahuni, SDN Wargasari dan SDN Karang tengah,” ujar Ayub.

Setiap usai sholat berjamaah, lanjutnya, para relawan UAR juga mengaji bareng bersama warga yang terdampak minimal 20 ayat atau satu lembar serta juga ada ceramah dari relawan dai.

Rencananya, UAR juga akan melakukan sosialisasi dan pelatihan Thibun Nabawi, terapis, bekam dan bio elektrik yang digelar pada 14-15 Januari 2023 di Kamp Wargaluyu Desa Nagrak, Kecamatan Cianjur. Di mana selama bencana UAR menangani 150 pasien medis dan 200 pasien terapis.

“Untuk rencana mengadakan sosialisai dan pelatihan akan diikuti oleh warga di empat desa binaan relawan UAR, yakni Desa Nagrak, Desa Panumbangan, Desa Sarampad, dan Desa Mekarsari,” jelasnya.

Total relawan yang diturunkan ke lokasi bencana gempa bumi Cianjur ini sekitar 165 relawan yang berasal dari beberapa wilayah.

Relawan UAR akan menggelar upacara penutupan pada tanggal 19 Januari 2023 di Kampung Wargaluyu Desa Nagrak Kecamatan Cianjur, mengundang Bupati Cianjur dan jajarannya. (L/R7/P1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: sri astuti

Editor: Rana Setiawan

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.