UMNO: Ismail Sabri Kandidat Kuat PM Malaysia

Kuala Lumpur, MINA  – Partai Organisasi Nasional Melayu Bersatu (UMNO) menilai mantan Wakil Perdana Menteri dan Anggota Parlemen Datuk Seri Yaakob merupakan kandidat kuat dan paling memenuhi syarat untuk dicalonkan sebagai Perdana Menteri menggantikan Muhyiddin Yassin yang mengundurkan diri.

Sekjen UMNO, Datuk Seri Ahmad Maslan, mengatakan, Ismail Sabri yang adalah juga Wakil Presiden UMNO berpengalaman sebagai menteri yang menangani Covid-19 dan sebagai menteri senior, serta memiliki pengalaman sebagai pemimpin oposisi.

“Dia juga memiliki pengalaman sebagai wakil perdana menteri, dan saya pikir dia adalah kandidat yang paling memenuhi syarat dalam daftar itu,” katanya. Astro Awani melaporkan, Rabu (18/8).

Sebelumnya, UMNO mengadakan pertemuan dengan pimpinan PAS, termasuk wakil presidennya, Datuk Seri Tuan Ibrahim Tuan Man, sekretaris jenderal Datuk Seri Takiyuddin Hassan dan anggota Komite Pusat Datuk Dr Mohd Khairuddin Aman Razali.

PAS dalam pernyataannya mengatakan, semua 18 anggota parlemen PAS mendukung penuh Ismail Sabri sebagai perdana menteri kesembilan.

“Kita sudah berdiskusi bersama dan mengambil keputusan. Jadi tidak ada masalah, PAS sangat mendukung calon dari Barisan Nasional,” kata Tuan Ibrahim, salah satu anggota parlemen dari PAS.

Parlemen mengeluarkan pemberitahuan kepada 220 anggota untuk menyerahkan calon Perdana Menteri ke Istana Negara secara tertulis pada Rabu sore (18/8).

Calon PM yang akan diajukan kepada  Yang Dipertuan Agong harus didukung oleh mayoritas anggota Dewan Rakyat atau sekurang-kurangnya didukung oleh 111 anggota.(T/RS2/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Ali Farkhan Tsani

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.