UNDP Yaman: Puluhan Juta Warga Krisis Air, Pangan dan Kesehatan

mikiko
Ketua Badan Program Pembangunan PBB (United Nation Development Programme / ) asal Jepang, Mikiko Tanaka, dalam diskusi Yemen Our Home di Jakarta Jumat malam (22/1). (Foto: Afta/MINA)

Jakarta, 13 Rabi’ul Akhir 1437/23 Januari 2016 (MINA) – Ketua Badan Program Pembangunan PBB (United Nation Development Programme / UNDP) Yaman asal Jepang, Mikiko Tanaka, menyebutkan, puluhan juta warga Yaman kini mengalami parah tentang ketersediaan air bersih, pangan dan kesehatan.

“Terjadi krisis parah masalah air, pangan dan kesehatan yang semuanya sangat diperlukan warga sehari-hari,” kata Mikiko Tanaka dalam diskusi Yemen Our Home di Jakarta, Jumat malam (22/1).

Menurut catatannya, sejak konflik Yaman bergejolak, saat ini terdapat sekitar 19,3 juta warga kekurangan air bersih dan sanitasi, 14,4 juta warga kekurangan makanan, dan 14,1 juta lainnya tidak mendapatkan akses kesehatan.

Dampak lainnya akibat konflik perang di Yaman adalah hancurnya layanan publik, pengungsian yang memuncak, tidak terjaminnya perlindungan sipil, dan terhentinya ekonomi, tambahnya.

Untuk itu, diperlukan upaya kongkrit dunia memberikan bantuan kemanusiaan terhadap warga Yaman. (L/P4/P001)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.