Ustaz Sholehuddin Simamora: Membaca Al Quran Harus Dengan Benar dan Tartil

Foto: Ustaz Sholehuddin Simamora Narasumber dalam acara Tamu Kita di Radio Silaturahim (Rasil)

Cibubur, Bekasi, MINA – Ustaz Sholehuddin Simamora, narasumber dalam acara Tamu Kita di Radio Silaturahim (Rasil) mengatakan, hukum membaca Al Quran termasuk surah Al Fatihah  adalah Fardhu Ain.

“Artinya masing-masing umat Islam yang membacanya memiliki kewajiban membacanya dengan benar dan tartil,” katanya.

“Karena dalam surat Al Muzammil ayat 73 diperintahkan untuk membaca Al Quran itu dengan tartil. Standar tartil seperti yang disampaikan Imam Ali Karomullahuwajah adalah membaguskan cara membaca huruf dan mengetahui cara memulai dan berhentinya,” ujar Ustaz Sholehuddin melalui kanal Youtube Rasil TV, Selasa (29/12).

Untuk surah Al Fatihah, lanjut Ustaz Sholehuddin, umumnya orang mengetahui Al Fatihah itu bacaan yang paling sering dibaca. Kita sebagai umat Muslim yang melaksanakan shalat lima waktu, minimal 17 kali membacanya, dan itu harus dibaca dengan benar.

“Alhamdulillah kita sudah membentuk lembaga khusus untuk perbaikan bacaan Al Fatihah, namanya Al Fatihah Centre (AFC) dengan visinya adalah selamatkan Al Fatihah kita,” katanya selanjutnya.

Ia menjelaskan, program AFC ada beberapa tahapan, mulai dari sosialisasi, edukasi, dalam hal ini kami ingatkan bahwa Al Fatihah itu memiliki keunikan, memiliki sesuatu yang harus dijaga, sesuatu yang selama ini terabaikan, kita menyebutnya urgensitas dari Al Fatihah.

“Mohon doa dari jamaah sekalian, mudah-mudahan melalui acara ini visi AFC dapat terlaksana dengan baik, dengan harapan semua bisa terlibat dalam lembaga AFC,” katanya.

“Dan alhamdulillah kami dari AFC berbahagia bisa bersilaturahim melalui Rasil, dan InsyaAllah silaturahim kita membawa berkah,” tambahnya. (L/Hju/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)