Utusan Khusus AS Mulai Tur ke Mesir, UEA, Ethiopia

Utusan Khusus AS untuk kawasan Afrika Mike Hammer, dan Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken. (Foto Twitter)

Kairo, MINA – untuk , , memulai tur regional untuk menyelesaikan ketegangan yang terkait Bendungan Renaisans Besar Ethiopia (GERD).

Mike Hammer akan mengadakan pembicaraan di Mesir, UEA, dan Ethiopia hingga 1 Agustus, menurut Departemen Luar Negeri AS, demikian Arab News melaporkan, Senin (25/7).

GERD telah meningkatkan ketegangan antara Ethiopia di satu sisi, dan Mesir serta Sudan di sisi lain.

Kedua negara terakhir menuntut perjanjian yang mengikat secara hukum tentang pengisian, dan pengoperasian bendungan, namun yang mereka khawatirkan hal itu akan mengurangi bagian di perairan Nil.

Tur regional Hammer bertepatan dengan kunjungan Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov, yang mengunjungi Mesir, Uganda dan Republik Demokratik Kongo.

Hammer juga akan berkonsultasi dengan Uni Afrika, yang di bawah naungannya terkait pembicaraan GERD yang terus berlanjut.

Presiden AS Joe Biden, setelah bertemu dengan timpalannya dari Mesir Abdel Fattah El-Sisi di sela-sela KTT Keamanan dan Pembangunan Jeddah awal bulan ini, menegaskan dukungan Washington untuk keamanan air Mesir, dan resolusi diplomatik yang mencapai kepentingan semua pihak. (T/R6/RS3)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: siti aisyah

Editor: Bahron Ansori

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.