Utusan Khusus AS, UNHCR Sepakat Bantu Krisis Kemanusiaan di Yaman

Foto: MEMO

Sana’a, MINA – Utusan Khusus AS untuk Yaman Tim Pemberi Pinjaman dan Utusan Khusus untuk sekaligus Aktris Hollywood Angelina Jolie sepakat untuk bekerja sama dengan badan PBB untuk pengungsi, UNHCR guna membantu mengatasi krisis kemanusiaan di Yaman.

“Kedua Utusan Khusus bertemu untuk berbagi kesan dari perjalanan terpisah mereka ke Yaman, dan akan membantu mengakhiri ,” tulis akun Departemen Luar Negeri AS Urusan Timur Dekat di twitter. Dikutip dari MEMO, Senin (21/3).

Keduanya secara terpisah mengunjungi Yaman pada 6 – 8 Maret. Mereka menyatakan frustrasi dikarenakan, pengumpulan dana hanya 30% dari dana yang dibutuhkan untuk respon kemanusiaan Yaman.

Hal itu, dikhawatirkan akan berdampak buruk pada .

PBB berencana mengumpulkan hampir 4,3 miliar dolar untuk mencegah kelaparan di Yaman, hanya terkumpul 1,3 miliar dolar pada konferensi Yaman.

Yaman telah dilanda kekerasan dan ketidakstabilan sejak 2014, ketika pemberontak Houthi yang bersekutu dengan Iran merebut sebagian besar negara itu, termasuk ibu kota, Sanaa.

Koalisi di bawah pimpinan Arab Saudi kemudian melancarkan perang, sehingga menimbulkan konflik yang menimbulkan banyak korban.

Konflik tersebut telah menciptakan salah satu krisis kemanusiaan terburuk di dunia, dengan hampir 80% negara, atau sekitar 30 juta orang, membutuhkan bantuan dan perlindungan kemanusiaan serta lebih dari 13 juta berada dalam bahaya kelaparan. (T/Hju/P2)

Mi’raj News Agency (MINA) 

 

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.