Viral Video Tuduh Presiden dan Militer Mesir Korup

Mohamed Aly, kontraktor Mesir yang tuduh Presiden Abdel Fattah Al-Sisi dan militer korupsi. (Gambar: YouTube)

Kairo, MINA – Video-video online yang menuduh Presiden Mesir Abdel Fattah Al-Sisi dan militer korupsi telah menyebar viral, memicu perdebatan langka tentang kerajaan ekonomi yang tumbuh di kalangan tentara.

Video-video itu diunggah oleh Mohamed Aly (45), aktor muda dan kontraktor konstruksi Mesir yang telah kabur ke Spanyol, demikian Nahar Net melaporkan, Senin (9/9).

Aly mengklaim bahwa pihak berwenang telah menyalahgunakan jutaan pound Mesir dana publik.

Ia juga menuduh pihak militer berutang ratusan juta poundsterling kepada perusahaannya dalam proyek-proyek yang ditugaskan untuk dibangun, termasuk membangun tempat tinggal mewah untuk Presiden Sisi.

Namun, Aly tidak memberikan bukti untuk mendukung klaimnya dan angkatan bersenjata Mesir menolak untuk berkomentar.

Video-video yang diunggah dari Spanyol dan dilihat oleh jutaan orang itu telah memicu reaksi publik yang cepat dari para pendukung Sisi. Seorang pengacara mengajukan pengaduan kepada jaksa agung yang menuduh Aly melakukan pengkhianatan tingkat tinggi.

Kepentingan ekonomi militer dianggap sebagai topik sensitif.

Namun, sejak Aly mulai mengunggah video sepekan yang lalu, terutama di YouTube dan Facebook, isu ini telah menjadi poin pembicaraan yang populer di televisi dan media sosial.

Pengguna media sosial telah membagikan video secara luas – yang durasinya berkisar 20-30 menit – dan beberapa mengatakan mereka menantikan video berikutnya.

“Orang-orang menantikan video Mohamed Aly lebih dari film dan serial Netflix,” kata seorang netizen Mesir dalam sebuah unggahan di Twitter. (T/RI-1/P1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)