Wagub. Taj Yasin: Kesadaran Menunaikan Zakat di Jateng Meningkat

Wakil Gubernur Jawa Tengah, Taj Yasin Maimoen (Foto: File/Hms.Prov)

Semarang, MINA – Kesadaran umat muslim di Jawa Tengah () untuk menunaikan terus meningkat. Begitu pula kepercayaan menyalurkan zakat, infak dan sedekahnya melalui Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) juga meningkat.

Hal itu diungkapkan Wakil Gubernur (Wagub) Jateng,  Maimoen, Selasa (29/8) di Semarang.

“Peningkatan kepercayaan itu tidak terlepas dari pengelolaan zakat dari Aparatur Sipil Negara (ASN) yang banyak dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” katanya.

Taj Yasin mengungkapkan indikator lain jika masyarakat menaruh kepercayaan terhadap Baznas terlihat ketika ia melakukan kunjungan kerja di daerah. Ada masyarakat yang langsung menyampaikan terima kasih karena sudah dibantu Baznas.

Menueutnya, bantuan yang diterima masyarakat, utamanya dalam pengentasan , seperti pembangunan rumah tidak layak huni, jambanisasi, pelatihan kerja, dan pemberian modal usaha. Bahkan juga membantu pemenuhan kebutuhan protein hewani di keluarga tidak mampu.

“Ketika saya sering keliling ke beberapa daerah, masyarakat mengucapkan terima kasih kepada Baznas, utamanya dalam pengentasan kemiskinan,” ujar Taj Yasin.

Diakui, Baznas memberikan dukungan besar dalam penanganan pengentasan kemiskinan yang merupakan persoalan kompleks sehingga tidak cukup jika hanya didanai dari APBD.

“Kami Pemprov Jateng berterima kasih karena ketika kita melakukan pengentasan kemiskinan, rasa-rasanya APBD kita kurang. Dengan adanya Baznas, kami terbantu, dengan adanya Baznas, kami bisa lebih banyak menyelesaikan kemiskinan, utamanya menghapus kemiskinan ekstrem di Jawa Tengah,” katanya. (L/B04/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Zaenal Muttaqin

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.