Wantim MUI Dorong Umat Islam Tingkatkan Peran Aktif

Jakarta, 4 Muharram 1438/5 Oktober 2016 (MINA) – Dewan Pertimbangan Majelis Ulama Indonesia (Wantim-) mendorong ummat Islam untuk semakin meningkatkan peran aktifnya membangun negeri.

Ketua  umum Wantim-MUI mengatakan, untuk mengisi kemerdekaan yang merupakan hasil perjuangan para ulama dan zuama yang telah rela mengorbankan jiwa dan raga untuk tanah Air tercinta dalam semangat cinta tanah air adalah refleksi keimanan” (hubbul wathan minal iman).

Dia juga mengajak “umat Islam untuk senantiasa bersyukur ke hadirat Allah SWT atas segala rahmat dan nikmatnya bagi bangsa Indonesia berupa tanah air yang indah, subur dengan sumber daya alam yang melimpah serta budaya yang rukun dan damai,” kata Din dalam Rapat Wantim MUI di Kantor MUI Pusat, Jalan Proklamasi, Jakarta Pusat, Rabu (5/10) siang.

“Umat Islam untuk selalu bahu membahu dengan seluruh eleman bangsa mengawal negara kesatuan Republik Indonesia dari segala macam tantangan dan rongrongan baik dari dalam maupun luar negeri,” ujarnya.

Ia menambakan, dalam segala bentuknya baik komunisme yang anti tuhan maupun liberalism ekonomi, politik, dan budaya.

Secara khusus umat Islam untuk mengedepankan ukhuwah Islamiyah dalam menghadapi setiap geagat dan gejala yang bermaksud mendeskreditkan umat Islam dalam kehidupan ekonomi berbangsa dan bernegara di bidang politik hukum dan budaya yang dilakukan oleh pihak tertentu secara sistematis.

Din juga menegaskan, “Dinegeri Bhineka Tunggal Ika tidak boleh ada Diktator Mayoritas, Tetapi tidak boleh ada juga Tirani Minoritas“.

“Secara konsisten dan konsekwen bukan kepentingan segelintir pengusaha kekerasan modal (capital violence) yang bersekutu dengan kekerasan negara (state violence) akan mendorong radikalisasi sebagai bentuk perlawanan terhadap ketidakadilan,” ujar Din.

Din berharap kepada segenap pemangu amanat dari pusat hingga didaerah untuk bersungguh-sungguh mengemban amanat rakyat yang sejatinya adalah amanat penderitaan rakyat dengan mengedepankan kepentingan rakyat jelata.

Hadir dalam rapat Wantim MUI para pimpinan organisasi, lembaga Islam dan tokoh-tokoh umat Islam dengan mengharap rahmat hidayat dan ridha Allah menyampaikan taushiyah kepada bangsa khususnya umat Islam. (L/P002/R02)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: kurnia

Editor: Bahron Ansori

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.