Wapres ke Shanghai Harapkan Peningkatan Kerjasama Investasi, Industri Halal

Wakil Presiden Indonesia, K.H. Ma’ruf Amin, menutup kunjungan kerjanya di Negeri Tirai Bambu dengan menerima kehormatan dari Wali Kota Shanghai, Gong Zheng di Shanghai, Republik Rakyat Tiongkok pada Selasa (19/9/2023).(Foto: Setwapres)

, MINA – Wakil Presiden Indonesia, K.H. Ma’ruf Amin, menutup kunjungan kerjanya di Negeri Tirai Bambu dengan menerima kehormatan dari Wali Kota Shanghai, Gong Zheng. Pertemuan bersejarah ini berlangsung di Shanghai, Republik Rakyat pada Selasa (19/9).​

Wapres Ma’ruf Amin memulai pembicaraan dengan menekankan peran strategis Kota Shanghai sebagai gateway perdagangan dan pusat komersial bilateral antara Indonesia dan Tiongkok.

Dia menyatakan harapannya agar kunjungannya dapat memacu investasi dan kerja sama di sektor industri antara kedua negara, demikian keterangan Setwapres RI.

Wapres memaparkan tiga poin kunci untuk memperkuat kerja sama ekonomi, khususnya dengan Kota Shanghai. Pertama, ia menyoroti pentingnya peningkatan investasi dari kedua belah pihak. Wapres mengapresiasi minat besar investor Shanghai untuk berinvestasi di Indonesia, termasuk di Kawasan Industri Morowali.

Baca Juga:  Pj Gubernur Babel Dukung Ijtima Ulama se-Indonesia ke-VIII

Kedua, Wapres menegaskan pentingnya pengembangan sektor industri halal. Ia mengundang pelaku usaha Shanghai untuk memanfaatkan potensi besar industri halal di Indonesia yang mencapai 135 miliar dolar Amerika.

“Halal Value Chain (HVC) tumbuh pesat sebesar 4,5-5,3% di tahun 2023 mencakup makanan dan minuman halal, fesyen muslim, dan pariwisata ramah muslim. Potensi pasar halal yang besar ini layak menjadi bagian kerja sama bisnis Indonesia-Tiongkok,” tegasnya.

Ketiga, Wapres menyoroti pentingnya kerja sama antarmasyarakat untuk mempererat hubungan baik antara Indonesia dan Tiongkok.

Ia mendorong kerja sama pendidikan, terutama di bidang vokasi, untuk memajukan sumber daya manusia sebagai pendukung investasi Tiongkok di Indonesia.

Wali Kota Shanghai, Gong Zheng, menyambut baik poin-poin yang disampaikan Wapres Ma’ruf Amin. Ia mengakui baik Indonesia maupun Shanghai memiliki potensi besar untuk meningkatkan kerja sama perdagangan.

Baca Juga:  Perkembangan Sistem Teknologi Berikan Peluang Berkreativitas

Terkait dengan industri halal, Wali Kota Zheng berjanji untuk menyampaikan informasi tentang peluang pasar sektor halal senilai 135 miliar dolar Amerika kepada Komisi Perdagangan Kota Shanghai.

Ia juga setuju tentang pentingnya program people-to-people contacts melalui pariwisata dan pendidikan.

Lebih lanjut, Wali Kota Gong Zheng memaparkan kemajuan Shanghai dalam membangun diri sebagai kota modern yang berpengaruh di dunia, sesuai arahan dari Presiden Tiongkok Xi Jinping.

Shanghai telah berhasil mempertahankan posisinya sebagai pusat ekonomi terbesar di Tiongkok dan menjadi salah satu pusat perdagangan terkemuka dunia.

Wapres Ma’ruf Amin didampingi oleh delegasi tingkat tinggi, termasuk Duta Besar RI untuk Tiongkok, Djauhari Oratmangun, dan sejumlah pejabat kunci. Sementara itu, Wali Kota Shanghai ditemani oleh para pejabat tingkat tinggi Pemerintah Kota Shanghai.

Baca Juga:  Pemerintah Evakuasi Sembilan Ribu Warga Terdampak Erupsi Gunungapi Ruang

Kunjungan ini memperkuat kemitraan strategis komprehensif antara Indonesia dan Tiongkok, seiring dengan tekad kuat dari kedua pemimpin, Presiden Joko Widodo dan Presiden Xi Jinping, untuk memperdalam hubungan bilateral kedua negara.

China telah menjadi mitra dagang terbesar Indonesia selama satu dekade terakhir, dan komitmen untuk meningkatkan kerja sama strategis terus ditekankan oleh kedua belah pihak.(R/R1/P2)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rana Setiawan

Editor: Widi Kusnadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.