Wapres Tekankan Tiga Fungsi Pesantren

Foto: Wapres

Palu, MINA – Wakil Presiden (Wapres) RI K.H. Ma’ruf Amin berkunjung ke Pondok Pesantren Alkhairaat, Palu Barat, Sulawesi Tengah, Kamis (6/1).

Pada kesempatan itu, ia menekankan pentingnya bagi umat.

“Tadi Wapres didampingi oleh seluruh keluarga dari Alkhairaat dan Pak Wapres berdialog di dalam. Yang ditekankan tadi itu sebenarnya ada tiga fungsi pesantren itu,” ujar Juru Bicara Wapres Masduki Baidlowi.

Masduki menjabarkan beberapa fungsi pesantren yang dimaksud, seperti menyiapkan ahli fikih, berdakwah, dan memberdayakan ekonomi masyarakat.

“Yang pertama, penyiapan kader-kader yang ahli fikih itu sudah tugas semacam tusi pokok pesantren. Yang kedua, tugas dakwah yang selama ini sudah dilakukan Alkhaairat,” tutur Masduki.

“Kemudian yang ketiga, hal yg berhubungan dengan pemberdayaan ekonomi masyarakat,” tambahnya.

Mengakhiri keterangannya, Masduki juga menuturkan relasi antara Wapres dengan Pondok Pesantren Alkhairaat Palu yaitu adanya kesamaan pada paham keagamaan.

“Hubungan Alkhairaat dengan Wapres, secara akidah Alkhairaat bagian dari ahli sunnah wal jamaah, jadi punya hubungan yang sangat dekat secara paham keagamaan dengan Wapres,” pungkasnya.

Sebelumnya, Wapres  melakukan ziarah ke makam Habib Sayyid Idrus bin Salim Aljufri atau akrab disebut Sis Aljufri yang masih di dalam kawasan Pondok Pesantren Alkhairaat Palu. Beliau merupakan ulama kharismatik pendiri Alkhairaat dan dikenal sebagai tokoh ulama yang berjasa menyebarkan ajaran Islam di Sulawesi Tengah. (R/RE1/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)