Wapres Terima Penghargaan dari ITERA

Wapres Jusuf Kalla (Foto: ANTARA)

Lampung, MINA – Wakil Presiden (Wapres) Muhammad Jusuf Kalla menerima penghargaan ITERA ADI YASA MAHATAMA dari Institut Teknologi Sumatera (ITERA).

Penyerahan penghargaan berlangsung pada Sidang Terbuka Dies Natalis ITERA ke-3 di Kampus ITERA Lampung, Jum’at (7/10). Dalam sidang terbuka tersebut, Wapres Jusuf Kalla menyampaikan Orasi Ilmiah bertajuk ‘Pembangunan Karakter sebagai Bagian dari Revolusi Mental di Perguruan Tinggi’.

Dalam orasinya, mengatakan, teknologi selalu merubah dan memperbaiki kehidupan. Itulah mengapa kita harus berjalan bersama antara teknologi sains dan ilmu-ilmu lainnya.

“Tujuannya adalah agar kehidupan bangsa mempunyai perubahan harkat dan perubahan inovasi yang lebih baik dan juga stabilitas sosial politik,” ucap Wapres JK sebagaimana keterangan pers yang diterima MINA.

Wapres JK juga mengatakan bagian yang paling pokok ditegakkan adalah bagian-bagian ekonomi negeri ini yang memiliki nilai tambah dalam semua hal, baik yang berhubungan dengan inovasi.

“Inovasi selalu berhubungan dengan teknologi, dan teknologi selalu berhubungan dengan kita,” ujarnya.

Selain itu, menurutnya perlu dibangun lebih banyak institut teknologi untuk keseimbangan dan mengejar ketertinggalan daerah.

“Sejak dulu saya ingin negeri ini maju dan seimbang, maka sejak tahun 2000-an saya berpikir kenapa kita hanya punya dua institut saja di Jawa,” kata Wapres.

Dikatakan, kedua institut yang ada tersebut yaitu Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Institut Teknologi 10 Nopember (ITS) Surabaya. Karenanya, perlu dibangun lebih banyak lagi di luar Jawa.

Usai acara, Wapres meresmikan beberapa infrastruktur strategis di ITERA seperti asrama mahasiswa, gedung perkuliahan, dan embung (danau buatan). Selain itu, Wapres juga meresmikan pembangunan Tahap 1 Masjid Raya At-Tanwir ITERA, dan melaksanakan sholat Jumat perdana di masjid yang direncanakan memiliki luas 30 hektare tersebut.

Hadir pula dalam acara tersebut, Ketua MPR RI Zulkifli Hasan dan beberapa Kepala Daerah Kabupaten/Kota se- Provinsi Lampung. (R/R09/B05)

Mi’raj News Agency (MINA)