YA’LON: MENYERANG GAZA TIDAK AKAN HENTIKAN RUDAL PEJUANG DAN HANYA AKAN MENAMBAH BANYAK KORBAN

Mose Yalon, menteri angkatan darat zionis Israel
Mose Yalon, menteri angkatan darat zionis Israel (Foto: Felesteen)

Al Quds, 17 Jumadil Awwal 1436 H/ 8 Maret 2015 M (MINA) – Menteri Pertahanan Israel, Mose Yaalon mengatakan, rencana menyerang kembali akan menghabiskan dana 2,5 Milyar Dolar Amerika pertahun dan tidak akan dapat menghentikan rudal-rudal para pejuang Palestina serta hanya akan menambah korban jiwa.

Pernyataan tersebut disampaikan oleh Yaalon dalam acara simposium kebudayaan pada hari sabut (7/3) yang diadakan di kota Beersaba selatan Palestina sebagai jawaban atas berbagai kecaman yang dilontarkan oleh para pemukim Israel kepada pemerintah mereka yang enggan mengusai Gaza untuk kedua kalinya saat pertempuran terakhir bulan Juli-Agustus tahun lalu. Felesteen yang dikutip Mi’raj islamic News Agency (MINA) melaporkan.

Stasiun radio Israel berbahasa Ibrani mengutip pernyataan Yaalon yang menyebutkan, keamanan tidak akan tercapai hanya dengan slogan-slogan dan ketika seseorang melihat sebuah perkara hanya melalui moncong senjata, maka hal tersebut menunjukkan ketidakfahamannya terhadap berbagai tuduhan yang lebih luas.

Ia menambahkan, untuk kembali menjajah jalur Gaza sedikitnya dibutuhkan 2,5 Miliyar Dolar Amerika pertahun untuk keperluan pengaturan kota, ditambah dengan peluncuran rudal-rudal yang hanya menambah jatuhnya korban jiwa.

Sang menteri juga menambahkan bahwa dirinya tidak bisa memperkirakan berapa lama gencatan senjata dengan Jalur Gaza bisa berlanjut dan bukan hal yang tidak mungkin jika salah satu dari dua pihak kelak akan melanggarnya.

Dalam kesempatan yang sama Yalon juga menilai bahwa presiden Palestina Mahmud Abbas bukanlah partner peradamaian.

Dikatakan, tangan (Israel) terulur untuk perdamaian, akan tetapi Presiden Palestina Mahmud Abbas bukan seorang partner dalam perundingan karena dia telah menolak untuk mengakui kedaulatan Israel, sebagaimana diungkap olehnya.

Sebelumnya presiden Palestina mengumumkan berulang kali bahwa dirinya menolak permintaan Israel untuk mengakui Israel sebagai negara Yahudi. (T/K02/R11)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0