Yaman Umumkan Serangkaian Operasi Targetkan Kapal Israel dan AS

Juru Bicara YAF, Brigadir Jenderal Yahya Saree. (Foto: YAF)

Sanaa, MINA – Angkatan Bersenjata Yaman (YAF) mengumumkan serangkaian operasi militernya di Laut Merah, Teluk Aden, dan Samudra Hindia, menargetkan kapal-kapal yang berafiliasi dengan Israel dan kapal perang Amerika di perairan tersebut.

Juru Bicara YAF, Brigadir Jenderal Yahya Saree pada Selasa malam (23/4) mengatakan, YAF menargetkan kapal kontainer MAERSK YORKTOWN berbendera AS di Teluk Aden dengan beberapa rudal anti-kapal, yang langsung mengenai sasarannya. Posisi terakhir kapal tersebut berada di Laut Arab, menurut situs pelacakan maritim. Al-Mayadeen melaporkan.

Saree juga mengumumkan dalam pernyataannya bahwa Angkatan Udara Tak Berawak Yaman melaksanakan dua operasi, yang pertama menargetkan kapal perang AS di Teluk Aden, sementara yang lainnya menargetkan kapal Israel di Samudra Pasifik.

Baca Juga:  Aktivis 98 Pajang 2.000 Tengkorak dengan Nama Korban Pelanggaran HAM

Kapal Israel diidentifikasi bernama MSC VERACRUZ, yang terakhir memperbarui posisinya sembilan hari lalu di dekat Afrika Selatan, di rute Tanjung Harapan. Angkatan Bersenjata Yaman sebelumnya berjanji untuk memutus rute pra-Terusan Suez bagi kapal-kapal yang berafiliasi dengan Israel.

Saree menggarisbawahi bahwa operasi Angkatan Udara Tak Berawak mencapai tujuan yang ditetapkan.

“Angkatan Bersenjata Yaman akan terus mengambil tindakan militer lebih lanjut terhadap semua sasaran musuh di Laut Merah, Laut Arab, dan Samudera Hindia untuk membela Yaman dan menegaskan posisi dukungan mereka terhadap rakyat Palestina yang tertindas,” tegas Saree. []

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Rendi Setiawan