Yusuf Al-Qaradawi Dihapus dari Daftar Pencarian Interpol

Doha, MINA – Interpol telah menghapus nama Kepala Persatuan Ulama Muslim Internasional yang berbasis di Doha, Yusuf Al-Qaradawi, dari daftar pencarian.

Sebuah sumber dari kantor Al-Qaradawi mengaku telah menerima pemberitahuan resmi dari Interpol untuk mencabut nama ulama itu dari daftar, dan menilai keputusan itu sebagai¬† “langkah positif”. Seperti Anadolu Agency melaporkan dikutip MINA, Kamis (13/12).

Interpol menghapus “notifikasi merah” untuk al-Qaradawi pada 30 November dan membatalkan perintah penangkapan yang dikeluarkan oleh pemerintah Irak dan Mesir.

Pihak berwenang Mesir menuduh Al-Qaradawi telah melakukan berbagai kejahatan termasuk pembunuhan dan pencurian setelah kudeta militer tahun 2013, yang mendorong Interpol mengeluarkan surat perintah penangkapannya.

Al-Qaradawi dikenal sebagai kritikus vokal Presiden Mesir Abdel Fattah Al-Sisi, yang sebagai menteri pertahanan memimpin kudeta 2013, serta menggulingkan presiden pertama terpilih secara bebas Mesir, Mohamed Morsi.

Sejak kudeta Mesir, di mana ratusan orang terbunuh, Interpol telah mengeluarkan surat perintah penangkapan atas permintaan Kairo terhadap beberapa pemimpin Ikhwanul Muslimin seperti Morsi. (T/R03/RS3)

Mi’raj News Agency (MINA)