10.000 WARGA PALESTINA PROTES HARI KEMERDEKAAN ISRAEL

Lubya, 8 Rajab 1435/7 Mei 2014 (MINA) – Sekitar 10.000 warga Palestina berunjuk rasa di desa Lubya Israel utara pada Selasa (6/5) untuk menuntut kembali hak-hak bagi pengungsi yang diusir setelah pembentukan negara Israel pada  1948.

Demonstrasi berlangsung di desa Israel Lav, yang dibangun di atas reruntuhan desa Lubya, demikian  dilaporkan Kantor Berita Palestina, Maan  yang dikutip MINA (Mi’raj Islamic News Agency).

Para demonstran melambaikan bendera Palestina sambil mengheningkan cipta untuk mengembalkan kenangan meraka dan membacakan nama-nama dari 530 desa Palestina yang diduduki secara paksa oleh kelompk Zionis 66 tahun yang lalu,

Mereka  menuju ke desa Lubya , provinsi Tiberias , Selasa sore atas undangan masyarakat setempat  untuk membela warga Palestina yang telah diusir dari kampung-kampung halaman mereka.

Baca Juga:  Universitas Denmark Tarik Investasi Perusahaan di Permukiman Yahudi

Lubya adalah rumah bagi 2.726 warga Palestina sampai tahun 1948, ketika massa Yahudi mendudukinya dan mengusir mereka pada awal-awal pembentukan negara Israel.

Palestina menandai hari Nakba pada 15 Mei , tetapi warga Palestina dari Israel menggelar demonstrasi pada hari kemerdekaan Israel , yang jatuh pada hari Selasa tahun ini . Penduduk Palestina di wilayah yang diduduki  Israel berjumlah  sekitar 1,3 juta orang atau  sekitar 20 persen dari jumlah seluruh penduduk Israel .

Sebagian besar penduduk asli Lubya saat ini menetap di kamp pengungsi Yarmouk di pinggiran kota Damaskus. (T/P010/EO2)

 

Wartawan: Admin

Editor:

Comments: 0